Akbarudina, Aina Salsabila (2025) PENGARUH RESPON PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KEADAAN EMOSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 PLEMAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86201_2114010032.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010032_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010032_0705068605_0728038306_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010032_0705068605_0728038306_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010032_0705068605_0728038306_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (318kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010032_0705068605_0728038306_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (187kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010032_0705068605_0728038306_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (29kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2114010032_0705068605_0728038306_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (175kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010032_0705068605_0728038306_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Motivasi belajar merupakan salah satu aspek penting yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran siswa. Dalam era digital, penggunaan media sosial dan keadaan emosi siswa menjadi faktor yang semakin relevan untuk dikaji sebagai penentu tingkat motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh respon penggunaan media sosial dan keadaan emosi terhadap motivasi belajar siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMAN 1 Plemahan, dengan jumlah 1.185 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 95 siswa sebagai responden. Instrumen menggunakan tiga skala psikologis, yaitu: Skala Respon Penggunaan Media Sosial, Skala Keadaan Emosi, dan Skala Motivasi Belajar. Ketiga instrumen tersebut disusun dalam bentuk angket tertutup dengan skala likert 4 poin, dan telah melalui proses uji validitas serta reliabilitas sebelum digunakan dalam pengambilan data. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas secara simultan dan parsial terhadap variabel terikat. Hasil analisis menunjukkan bahwa Secara parsial, respon penggunaan media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, yang berarti semakin positif siswa merespon penggunaan media sosial, maka semakin tinggi pula motivasi belajarnya. Sementara itu, keadaan emosi juga berpengaruh signifikan secara positif terhadap motivasi belajar, yang menunjukkan bahwa semakin stabil keadaan emosi siswa, maka motivasi belajar mereka cenderung meningkat. Secara simultan, respon penggunaan media sosial dan keadaan emosi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,606. Artinya, kedua variabel bebas secara bersama-sama mampu menjelaskan sebesar 60,6% variasi dalam motivasi belajar, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa baik respon penggunaan media sosial maupun keadaan emosi siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar, baik secara parsial maupun simultan. Oleh karena itu, disarankan agar guru bimbingan dan konseling dapat mengimplementasikan layanan informasi dan bimbingan klasikal yang berfokus pada literasi digital dan pengelolaan emosi, serta menyediakan layanan konseling individu bagi siswa yang mengalami tekanan emosional akibat penggunaan media sosial. Siswa juga diharapkan mampu menggunakan media sosial secara lebih positif dan produktif sebagai sarana pendukung belajar, serta belajar mengenali dan mengelola emosinya agar tetap termotivasi dalam mencapai tujuan akademik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, media sosial, keadaan emosi, analisis regresi berganda |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Aina Salsabila Akbarudina |
Last Modified: | 08 Aug 2025 13:13 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |