PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL SCRAPBOOK UNTUK MENGGALI INFORMASI DARI DONGENG BINATANG (FABEL) PADA KELAS II SEKOLAH DASAR

Putri, Jenisa Agata (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL SCRAPBOOK UNTUK MENGGALI INFORMASI DARI DONGENG BINATANG (FABEL) PADA KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060274.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060274_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (383kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060274_0708087703_0706128701_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060274_0708087703_0706128701_02.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060274_0708087703_0706128701_03.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060274_0708087703_0706128701_04.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060274_0708087703_0706128701_05.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060274_0708087703_0706128701_06_ref.pdf.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (464kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060274_0708087703_0706128701_07_lamp.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh hasil data need assessment di kelas II SDN Puncu 4 Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara serta data hasil angket diketahui siswa kurang aktif dalam pembelajaran hal ini dilatarbelakangi oleh guru dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) belum menggunakan media, penerapan media digital scrapbook yang diterapkan guru masih 52% sedangkan dari data hasil need assessment siswa dapat diketahui bahwa kemampuan membaca siswa hanya 46%. Dalam mengatasi masalah ini dalam penelitian maka dikembangkan media pembelajaran digital scrapbook untuk kelas II SDN Puncu 4. Media yang dikembangkan akan di uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi). Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menghasilkan 1) kevalidan media, 2) kepraktisan, dan 3) keefektifan. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan observasi, wawancara, angket kevalidan dan kepraktisan, dan tes. Tes yang dilakukan menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji normalitas, uji homogenitas serta uji-T yang memiliki tujuan sebagai cara untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari uji coba pengembangan media pembelajaran digital scrapbook. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan media pembelajaran digital scrapbook adalah sebagai berikut: (1) Hasil Validasi media digital scrapbook dan hasil validasi ahli materi mendapatkan presentase 86.00%. (2) Hasil kepraktisan dari angket respon guru mendapatkan presentase 92.00%, sedangkan angket dari hasil angket respon siswa mendapatkan presentase 89,33%, (3) hasil keefektifan siswa ditentukan dari hasil prestest dan posttest, dari uji terbatas medapatkan presentase 82.00%, sedangkan pada uji luas mendapatkan presentase 89,33% maka dapat dikategorikan sangat efektif serta hasil dari uji-T juga menunjukkan nilai signiikansi (2-Tailed) yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pre test dengan posttest tentu terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan pengembangan media pembelajaran digital scrapbook. selain jika dilihat dari hasil nilai siswa dengan nilai terendah 80 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hasil diatas disimpulkan bahwa media digital scrapbook valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh hasil data need assessment di kelas II SDN Puncu 4 Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara serta data hasil angket diketahui siswa kurang aktif dalam pembelajaran hal ini dilatarbelakangi oleh guru dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) belum menggunakan media, penerapan media digital scrapbook yang diterapkan guru masih 52% sedangkan dari data hasil need assessment siswa dapat diketahui bahwa kemampuan membaca siswa hanya 46%. Dalam mengatasi masalah ini dalam penelitian maka dikembangkan media pembelajaran digital scrapbook untuk kelas II SDN Puncu 4. Media yang dikembangkan akan di uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi). Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menghasilkan 1) kevalidan media, 2) kepraktisan, dan 3) keefektifan. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan observasi, wawancara, angket kevalidan dan kepraktisan, dan tes. Tes yang dilakukan menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji normalitas, uji homogenitas serta uji-T yang memiliki tujuan sebagai cara untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari uji coba pengembangan media pembelajaran digital scrapbook. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan media pembelajaran digital scrapbook adalah sebagai berikut: (1) Hasil Validasi media digital scrapbook dan hasil validasi ahli materi mendapatkan presentase 86.00%. (2) Hasil kepraktisan dari angket respon guru mendapatkan presentase 92.00%, sedangkan angket dari hasil angket respon siswa mendapatkan presentase 89,33%, (3) hasil keefektifan siswa ditentukan dari hasil prestest dan posttest, dari uji terbatas medapatkan presentase 82.00%, sedangkan pada uji luas mendapatkan presentase 89,33% maka dapat dikategorikan sangat efektif serta hasil dari uji-T juga menunjukkan nilai signiikansi (2-Tailed) yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pre test dengan posttest tentu terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan pengembangan media pembelajaran digital scrapbook. selain jika dilihat dari hasil nilai siswa dengan nilai terendah 80 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hasil diatas disimpulkan bahwa media digital scrapbook valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Subjects: 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Jenisa Agata Putri
Last Modified: 08 Aug 2025 13:41
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item View Item