HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMAN 6 KEDIRI

Novitasari, Putri Fatca (2025) HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMAN 6 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_2114010028.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010028_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (376kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010028_0708068904_0709116101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010028_0708068904_0709116101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010028_0708068904_0709116101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010028_0708068904_0709116101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010028_0708068904_0709116101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_2114010028_0708068904_0709116101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (487kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010028_0708068904_0709116101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya interaksi sosial dalam kehidupan siswa, khususnya interaksi dengan teman sebaya di lingkungan sekolah. Interaksi ini memiliki peran terhadap keaktifan siswa dalam belajar serta kemampuan mereka dalam menjalin hubungan sosial yang sehat. Namun, di SMAN 6 Kediri ditemukan bahwa banyak siswa lebih nyaman belajar dalam kelompok kecil (3-4 orang), sementara guru cenderung memberikan tugas secara individu, yang menyebabkan kurangnya keaktifan dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa di SMAN 6 Kediri, (2) untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya terhadap keterampilan sosial siswa di SMAN 6 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional. Pengambilan sampel penelitian menggunakan simple random sampling yang terdiri dari 48 siswa kelas X di SMAN 6 Kediri. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan instrumen berupa skala pengukuran model skala likert yang meliputi skala interaksi teman sebaya, skala keaktifan belajar, dan skala keterampilan sosial yang diberikan kepada siswa. Teknik analisis dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas pada setiap skala. Serta analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan pengambilan keputusan menggunakan uji korelasi product moment dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian ini adalah (1) menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara interaksi teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa di SMAN 6 Kediri, dengan nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,460 < 0,5 yang artinya sedang atau cukup, (2) menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara interaksi teman sebaya terhadap keterampilan sosial siswa di SMAN 6 Kediri, dengan nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,610 > 0,5 yang artinya kuat. Dengan demikian bahwa interaksi teman sebaya yang baik dapat mendorong keaktifan belajar dan keetrampilan sosial siswa di SMAN 6 Kediri. Oleh karena itu, disarankan bagi sekolah dan guru untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dengan interaksi positif antar siswa guna meningkatkan pengembangan diri siswa dalam proses belajar di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Teman Sebaya, Keaktifan Belajar, Keterampilan Sosial
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Putri Fatca Novitasari
Last Modified: 08 Aug 2025 12:20
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21651

Actions (login required)

View Item View Item