Minarti, Khoirul (2025) ANALISIS PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SDN GEDANGSEWU 1 PARE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060021.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060021_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (471kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060021_0714118403_0704078402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060021_0714118403_0704078402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (269kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060021_0714118403_0704078402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (234kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060021_0714118403_0704078402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (446kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060021_0714118403_0704078402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060021_0714118403_0704078402_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (314kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060021_0714118403_0704078402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, selama praktik lapangan di SDN Gedangsewu 1 Pare mendorong penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa metode pembelajaran seni budaya tidak efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa. Metode pembelajaran biasa dan tidak inovatif, dan banyak siswa yang kurang percaya diri dalam menyampaikan ide-ide kreatif mereka. Ini diperkuat oleh survei awal yang menunjukkan bahwa strategi pembelajaran seni budaya yang lebih kontekstual dan kreatif diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguraikan cara guru memainkan peran dalam pembelajaran seni budaya di SDN Gedangsewu 1 Pare (2) Untuk menemukan pendekatan pembelajaran yang efektif yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan kreativitas siswa mereka (3) Untuk tahu akan kesulitan guru saat menerapkan proses pelajaran seni budaya (4) Untuk menjelaskan bagaimana pembelajaran seni budaya berdampak pada pertumbuhan kreatif siswa di SDN Gedangsewu 1 Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan studi kasus sebagai jenis penelitian. Pendekatan ini dipilih untuk menggambarkan secara menyeluruh peran guru dalam pembelajaran seni budaya dan bagaimana hal itu berdampak pada kreativitas siswa. Penelitian dilaksanakan selama enam bulan, data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi yang berkelanjutan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing, memotivasi, dan menciptakan lingkungan belajar seni budaya yang kreatif. Guru menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek, demonstrasi, dan pendekatan tematik untuk meningkatkan kreativitas siswa. Kendala utama dalam pembelajaran seni budaya adalah keterbatasan sarana, kurangnya pelatihan guru, dan kurangnya dukungan orang tua. Pembelajaran seni budaya meningkatkan perkembangan kreativitas siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Guru harus terus meningkatkan kemampuan pembelajaran seni budaya melalui pelatihan, inovasi, dan penggunaan berbagai media. (2) Sekolah harus meningkatkan fasilitas dan alat penunjang seni budaya serta memberikan ruang bagi siswa untuk bereksperimen kreatif. (3) Orang tua harus mendukung dan terlibat aktif dalam kegiatan seni anak untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas. (4) Peneliti selanjutnya harus melakukan penelitian lebih lanjut tentang seni.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran guru, seni budaya, kreativitas siswa, pembelajaran, pendidikan dasar. |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Khoirul Minarti |
Last Modified: | 08 Aug 2025 12:36 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |