Alfina, Ainun Izza (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBADA (MONOPOLI BANGUN DATAR) BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI CIRI-CIRI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 1 KEPEL. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060236.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060236_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (301kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060236_0713078602_0721048003_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (571kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060236_0713078602_0721048003_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (172kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060236_0713078602_0721048003_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (368kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060236_0713078602_0721048003_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060236_0713078602_0721048003_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (24kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060236_0713078602_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (88kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060236_0713078602_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti, Berdasarkan hasil analisis kinerja diketahui bahwa siswa belum aktif dalam pembelajaran karena belum adanya penggunaan media yang sesuai. Selain hal itu, siswa juga belum memahami materi tentang ciri-ciri bangun datar yang mengakibatkan hasil belajar isiwa kurang maksima dan masih dibawah KKTP. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa guru dan siswa memerlukan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah : Mengembangkan media pembelajaran MOBADA (Monopoli Bangun Datar) berbasis game edukasi yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa di SDN 1 Kepel Kabupaten Nganjuk. Pada uji coba terbatas dilakukan dengan 10 siswa dan pada tahap uji coba luas dilakukan dengan 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Uji kevalidan menggunakan angket validasi ahli media dan materi. (2) Uji kepraktisan menggunakan angket respon guru dan siswa. (3) Uji keefektifan menggunakan pre test dan post test. Dari data yang telah didapatkan dianalisis menggunakan skala likert pada angket dan KKTP pada tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media MOBADA (Monopoli Bangun Datar) mendapatkan nilai validasi dari ahli media sebesar 91,66 % dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil nilai dari ahli materi sebesar 86,66 % dengan kriteria sangat valid. Media MOBADA (Monopoli Bangun Datar) yang telah dikembangkan mendapatkan nilai hasil kepraktisan dari hasil angket respon guru sebesar 93,3 % dengan kriteria sangat praktis, sedangkan berdasarkan hasil angket respon siswa sebesar 90,73 % dengan kriteria sangat praktis. Dari kedua hasil tersebut dianalisis kepraktisan media sehingga mendapatkan nilai akhir sebesar 92,015 %, sehingga dapat dikategorikan sangat praktis. Media MOBADA (Monopoli Bangun Datar) yang telah dikembangkan mendapatkan nilai hasil kefektifan dari hasil post test siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan media MOBADA. Pada uji coba luas mendapatkan rata-rata nilai pre-test sebesar 69,72 yang masih dibawah KKTP. Sedangkan setelah mendapat pembelajaran dari nilai Post-Test mendapatkan nilai rata-rata sebesar 93,48 yang dapat disimpulkan adanya kenaikan nilai siswa Sehingga dapat dikategorikan sangat efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Monopoli, Game edukasi, Bangun datar |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ainun Izza Alfina |
Last Modified: | 08 Aug 2025 12:01 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |