PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF EKOSISTEM DARAT (EKSIDA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS 5 DI SDN 1 BAGORKULON

Estifani, Bella Alfina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF EKOSISTEM DARAT (EKSIDA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS 5 DI SDN 1 BAGORKULON. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060177.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060177_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060177_0724077901_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060177_0724077901_0702018801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060177_0724077901_0702018801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060177_0724077901_0702018801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060177_0724077901_0702018801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060177_0724077901_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (73kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060177_0724077901_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar pada mata pelajaran IPA khususnya materi ekosistem darat yang bersifat abstrak. Pembelajaran tidak akan bisa mencapai tujuan pembelajaran yang berakibatkan pada peningkatan hasil belajar apabila hanya membayangkan tanpa adanya penggunaan media pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu dibutuhkannya sebuah media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam proses belajar secara efektif dan interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembangan media valid, bagaimana siswa merespon hasil media, dan apakah menggunakan produk media pembelajaran interaktif ekosistem darat (EKSIDA) meningkatkan hasil belajar mereka. Inti penelitian ini adalah "pengembangan media pembelajaran interaktif ekosistem darat (EKSIDA) untuk mata pelajaran IPA di kelas V". Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas V di SDN 1 Bagorkulon, Kabupaten Nganjuk, pada tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan merujuk pada model pengembangan 4D. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data dari hasil penelitian ini diperoleh, 1) Validasi ahli materi sebesar 90%, validasi ahli media sebesar 93%, dan validasi ahli praktisi diperoleh hasil sebesar 89% sehingga media pembelajaran interaktif ekosistem darat (EKSIDA) dikatakan sangat valid untuk digunakan. 2) Angket respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas berada pada rentang 81% - 100% maka dari itu dapat dikatakan respon siswa pada media pembelajaran interaktif ekosistem darat (EKSIDA) sangat baik. 3) Data pengujian hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran interaktif ekosistem darat (EKSIDA). Sehingga media pembelajaran interaktif ekosistem darat (EKSIDA) dapat digunakan guru sebagai media pendukung pembelajaran untuk meningkatkan capaian hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini adalah agar media dapat dikembangkan lebih lanjut dengan berbagai kreativitas, sehingga dapat menghasilkan inovasi baru dalam pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai, dan dapat mendukung proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif Ekosistem Darat (Eksida), Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA
Subjects: 580 Humaniora social science > 610 Social sciences
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 797 Curriculum development
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: BELLA ALFINA ESTIFANI
Last Modified: 08 Aug 2025 11:49
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21605

Actions (login required)

View Item View Item