PENGEMBANGAN NEARPOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPAS MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGTENGAH 3

Pramesti, Resty Yulia (2025) PENGEMBANGAN NEARPOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPAS MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGTENGAH 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060241.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060241_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060241_0730098803_0720088401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060241_0730098803_0720088401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060241_0730098803_0720088401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060241_0730098803_0720088401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060241_0730098803_0720088401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060241_0730098803_0720088401_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (685kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060241_0730098803_0720088401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari skripsi ini adalah hasil observasi, wawancara dan penyebaran angket analisis kebutuhan guru dan siswa kelas V SD Negeri Karangtengah 3. Pada proses pembelajaran materi sistem pencernaan manusia ditemukan beberapa permasalahan. Permasalahan yang terjadi selama pembelajaran yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai materi sistem pencernaan manusia, sehingga penguasaan manteri oleh siswa kurang maksimal. Penyebab dari permasalahan tersebut ialah guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang berhubungan dengan materi yang dipelajari. Hal ini membuat siswa tidak tertarik dengan materi yang disampaikan guru. Sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia yang masih di bawah KKTP Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan nearpod sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman materi sistem pencernaan manusia siswa kelas V SD Negeri Karangtengah 3. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Tempat penelitian berada di SD Negeri Karangtengah 3 dengan jumlah 20 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan sebagai berikut (1) Uji kevalidan dari penilaian validator ahli, (2) Uji kepraktisan untuk mengetahui kepraktisan dari media nearpod, (3) Uji keefektifan untuk mengethui keefektifan dari media nearpod. Hasil penelitian ini menunjukkan produk pemblajaran dinyatakan sangat valid dengan hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 85% dan validasi ahli media menunjukkan persentase sebesar 94%. Kepraktisan produk dinilai sangat praktis, dengan hasil angket respon guru sebesar 100% dan persentase respon siswa adalah 91%. Keefektifan produk mencapai kategori sangat efektif, dengan nilai uji coba terbatas sebesar 85% dan uji coba luas memperoleh skor persentase 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media nearpod sangat valid, praktis dan efektif digunakan pada pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interactive learning media, nearpod, human digestive system
Subjects: 710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Resty Yulia Pramesti
Last Modified: 08 Aug 2025 10:26
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21549

Actions (login required)

View Item View Item