PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGIC BOX SULAMI (Struktur Lapisan Bumi) BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK SISWA KELAS V SDN DUKUHPUNDONG 1

Cahya Putri, Navisya Fatikha Risqi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGIC BOX SULAMI (Struktur Lapisan Bumi) BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK SISWA KELAS V SDN DUKUHPUNDONG 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060166.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060166_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (328kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060166_07100590001_0006016701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (837kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_21140G0166_0710059001_0006016701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060166_0710059001_0006016701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060166_0710059001_0006016701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060166_0710059001_0006016701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060166_07100590001_0006016701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (150kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060166_0710059001_0006016701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi melalui pengamatan di SDN Dukuhpundong 1 Jombang. Terdapat permasalahan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru belum maksimal, sumber belajar yang digunakan guru masih terbatas seperti buku dan metode yang digunakan guru masih dominan ceramah (konvensional). Sehingga hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Sehingga perlu dikembangkan pembelajaran untuk menunjang proses belajar mengajar dengan harapan hasil belajar meningkat. Dalam pengembangan ini peneliti menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan ADDIE. Menurut Safira et., al (2021). Model. pengembangan ADDIE memiliki 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembaangan, implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas V SDN Dukuhpundong 1 Jombang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran Magic Box SULAMI berbasis PBL pada pembelajaran IPAS untuk siswa kelas V SDN Dukuhpundong 1 Jombang. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran Magic Box SULAMI berbasis PBL pada pembelajaran IPAS untuk siswa kelas V SDN Dukuhpundong 1. (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Magic Box SULAMI berbasis PBL pada pembelajaran IPAS untuk siswa kelas V SDN Dukuhpundong 1 Jombang, Hasil penelitian pada media Magic Box SULAMI berbasis PBL pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN Dukuhpundong 1 Jombang sangat layak digunakan dalam proses pembelelajaran di kelas. Produk ini sudah melalui tahap uji validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, pre-test dan post-test. Uji validasi ahli media memperoleh skor 94% dengan kriteria sangat valid dan uji validasi ahli materi memperoleh 88% dengan rata-rata 91% kriteria sangat valid. Respon guru memperoleh skor 92% kriteria sangat praktis dan respon siswa memperoleh hasil 94% dengan kriteria sangat praktis. Uji coba terbatas keefektifan media pembelajaran dengan skor 100% kriteria sangat efektif kemudian uji coba luas mendapatkan skor 85% kriteria sangat efektif. Sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan media Magic Box SULAMI berbasis PBL pada mata pelajaran IPAS materi struktur lapisan bumi sangat layak digunakan dalam pembelajaran kelas V SDN Dukuhpundong 1 Jombang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Visual, Problem Based Learning (PBL), Struktur Lapisan Bumi
Subjects: 660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Navisya Fatikha Rizqi Cahya Putri
Last Modified: 08 Aug 2025 09:11
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21442

Actions (login required)

View Item View Item