PENGEMBANGAN PERMAINAN PETA HARTA KARUN LUFFY SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI BURNOUT BELAJAR SISWA SMK

Naufal, Mochammad (2025) PENGEMBANGAN PERMAINAN PETA HARTA KARUN LUFFY SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI BURNOUT BELAJAR SISWA SMK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_18101010039.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_18101010039_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_18101010039_0702068903_0726079001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (896kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_18101010039_0702068903_0726079001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_18101010039_0702068903_0726079001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_18101010039_0702068903_0726079001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_18101010039_0702068903_0726079001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_18101010039_0702068903_0726079001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (379kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_18101010039_0702068903_0726079001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Burnout belajar merupakan salah satu tantangan serius yang dihadapi oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya mereka yang berada dalam sistem full day school. Sistem belajar yang panjang dan aktivitas akademik yang intens sering kali menimbulkan kejenuhan, kelelahan fisik, emosional, dan mental pada siswa. Hal ini juga ditemukan di SMKN 2 Kediri, di mana siswa menunjukkan gejala burnout seperti rasa lelah yang berkepanjangan, kurang fokus, mudah tersinggung, serta menurunnya semangat dan motivasi belajar. Menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media bimbingan kelompok berbasis permainan, yaitu Peta Harta Karun Luffy, yang dirancang untuk menjadi alternatif inovatif dalam mengatasi burnout belajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Permainan ini berbentuk papan petualangan interaktif dengan elemen tantangan dan narasi khas dunia bajak laut dari karakter Luffy. Setiap tahapan permainan dirancang tidak hanya untuk menyenangkan, tetapi juga bertujuan melatih kemampuan self-management, konsentrasi, kerja sama tim, dan semangat belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 2 Kediri yang telah teridentifikasi mengalami burnout, dengan validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan guru Bimbingan dan Konseling sebagai pengguna langsung. Instrumen pengumpulan data berupa angket skala Likert digunakan untuk mengukur tingkat burnout dan kelayakan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media permainan ini memperoleh skor kelayakan tinggi: ahli media menilai sebesar 85% dan 92,6%, ahli materi 73,5% dan 70,5%, serta guru BK sebagai pengguna memberi skor 82% dan 80,5%. Semua nilai tersebut berada dalam kategori “layak digunakan”. Analisis data juga menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam sikap dan antusiasme siswa setelah menggunakan media permainan ini dalam layanan bimbingan kelompok. Siswa tampak lebih fokus, aktif, dan bersemangat saat mengikuti kegiatan bimbingan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media permainan Peta Harta Karun Luffy layak digunakan sebagai media bimbingan kelompok untuk mengatasi burnout belajar. Permainan ini berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menyegarkan, dan penuh tantangan, sehingga efektif dalam membangun kembali semangat siswa dalam proses belajar. Saran yang diberikan peneliti antara lain adalah agar guru BK lebih kreatif dalam menghadirkan layanan bimbingan yang interaktif, serta sekolah dapat mempertimbangkan penggunaan media semacam ini untuk mendukung kesehatan mental dan motivasi siswa. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan versi permainan yang lebih luas atau berbasis digital agar lebih adaptif dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan siswa masa kini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: burnout belajar, media permainan, bimbingan kelompok, siswa SMK, ADDIE.
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MOCHAMMAD NAUFAL
Last Modified: 08 Aug 2025 08:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21403

Actions (login required)

View Item View Item