CANDRA, NUR LAILATUL (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA KELAS IV SDN MOJOROTO 4 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_18.1.01.10.0110.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206__18.1.01.10.0110_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (185kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18.1.01.10.0110_0730098803_0705069001_01_fornt_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (886kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18.1.01.10.0110_0730098803_0705069001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (309kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18.1.01.10.0110_0730098803_0705069001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (322kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18.1.01.10.0110_0730098803_0705069001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18.1.01.10.0110_0730098803_0705069001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (127kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_18.1.01.10.0110_0730098803_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (227kB) |
![]() |
Text
RAMA_86206_18.1.01.10.0110_0730098803_0705069001_07_lamp.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18.1.01.10.0110_0730098803_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, masih ditemukan siswa yang memiliki nilai di bawah KKTP pada materi luas persegi dan persegi panjang karena sistem pembelajaran masih menggunakan cara konvensional sehingga siswa kurang antusias dan sudah untuk memahami materi serta penyelesaian soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kevalidan pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang. 2) kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang. 3) keefektifan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang. Teknik penelitian menggunakan pengembangan atau Research and Development. R&D, dengan model ADDIE terdiri dari 5 tahap (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa dan guru kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri sebanyak 28 siswa dan 2 guru. Teknik pengumpulan data dengan cara angket, wawancara, tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kevalidan multimedia interaktif ahli materi sebesar dengan rata-rata presentase 89% dan ahli media dengan rata-rata presentase 87,5% kriteria sangat valid dan layak digunaka, pada kepraktisan multimedia interaktif dengan rata-rata presentase 91,65% kategorikan sangat praktis, sedangkan keefektifan multimedia interaktif nilai rata-rata 81,7 ketuntasan klasikal 90,7% kategori efektif. Selain itu, besarnya skor N-gain yang diperoleh adalah 0,597 dengan klasifikasi sedang dan dapat dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan bagi guru untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif, meningkatkan keterampilan mengajar, dan memanfaatkan hasil penelitian untuk perbaikan berkelanjutan dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga perlu fokus pada peningkatan motivasi belajar siswa dan membangun suasana belajar yang kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia interaktif, luas persegi dan persegi panjang |
Subjects: | 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | NUR LAILATUL CANDRA |
Last Modified: | 08 Aug 2025 10:21 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |