PENGARUH GAME BASED LEARNING DENGAN PERMAINAN AMONG US TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KARYA WATES

Palupi, Reta Ayu (2025) PENGARUH GAME BASED LEARNING DENGAN PERMAINAN AMONG US TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KARYA WATES. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_84202_2015010032.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010032_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010032_0724077901_0721048402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (654kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010032_0724077901_0721048402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010032_0724077901_0721048402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010032_0724077901_0721048402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010032_0724077901_0721048402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2015010032_0724077901_0721048402_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (172kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010032_0724077901_0721048402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang cenderung monoton dan kurang menarik. Berdasarkan hasil observasi di SMP Karya Wates, siswa menunjukkan sikap pasif, bosan, dan kurang fokus saat pembelajaran matematika berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Game Based Learning dengan permainan Among Us guna meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh Game Based Learning dengan permainan Among Us terhadap minat belajar siswa SMP Karya Wates? (2) Apakah ada pengaruh Game Based Learning dengan permainan Among Us terhadap hasil belajar siswa SMP Karya Wates? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen, jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Karya Wates sejumlah 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket minat belajar dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji Paired Sample t-Test menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata angket minat belajar dari 61,50 menjadi 77,75 setelah perlakuan, dan skor rata-rata hasil belajar meningkat dari 69,88 menjadi 81,88. Uji t menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 baik pada angket maupun hasil tes, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran Game Based Learning dengan permainan Among Us terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru dapat menggunakan model Game Based Learning berbasis permainan edukatif sebagai alternatif dalam meningkatkan keaktifan dan minat siswa, serta menyesuaikan strategi pembelajaran dengan karakteristik siswa dan materi ajar yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Based Learning, Among Us, minat belajar, hasil belajar
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 122 Statistics
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Reta Ayu Palupi
Last Modified: 08 Aug 2025 06:32
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21344

Actions (login required)

View Item View Item