Dewi, Anggun Mustika (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI SMAN 3 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_88201_2114040014.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_88201_2114040014_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_88201_2114040014_0012076701_0711038903_01_front_refo.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (513kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_88201_2114040014_0012076701_0711038903_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (256kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_88201_2114040014_0012076701_0711038903_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_88201_2114040014_0012076701_0711038903_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_88201_2114040014_0012076701_0711038903_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (19kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_88201_2114040014_0012076701_0711038903_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (78kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_88201_2114040014_0012076701_0711038903_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Kediri melalui penerapan model pembelajaran "picture and picture". Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis, menganggap aktivitas menulis sebagai hal yang sulit, serta kurangnya perhatian dalam pembelajaran menulis di sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa masih rendah dan perlu mendapatkan perhatian lebih dari pihak sekolah. Dalam penelitian ini, terdapat tiga masalah utama yang diidentifikasi. 1. Bagaimanakah keterampilan menulis teks berita siswa kelas XI SMAN 3 Kediri dengan tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture? 2. Bagaimanakah keterampilan menulis teks berita siswa kelas XI SMAN 3 Kediri dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture? 3. Bagaimanakah pengaruh model picture and picture terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas XI SMAN 3 Kediri? Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan Desain dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang masing-masing terdiri dari siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Kediri. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan populasi penelitian 387 siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kediri. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis teks berita siswa yang diajarkan dengan menggunakan model "picture and picture". Rata-rata skor siswa pada post-test kelompok eksperimen mencapai 79,19, sementara kelompok kontrol hanya 66,58. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,002, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran "picture and picture" efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis berita siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran "picture and picture" berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Kediri. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan agar guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Picture and picture, keterampilan menulis, teks berita. |
Subjects: | 500 Linguistics > 526 Other fields of language sciences not yet listed |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Anggun Mustika Dewi |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:16 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:16 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |