PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DI DUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BAGIAN BUNGA DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN BANJAREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rahayu, Ina Murni (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DI DUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BAGIAN BUNGA DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN BANJAREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_18101100052.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100052_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (495kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (500kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (844kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (409kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (44kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (33kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_07_lampiran..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitii, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya menjadirendah.Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan yaitu model Kontekstual (CTL). Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan tiga rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah model pembelajaran kontekstual (CTL) didukung media benda nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun pelajaran 2021/2022 ? (2) Apakah model pembelajaran kontekstual (CTL) tanpa didukung media benda nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun pelajaran 2021/2022 ? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual (CTL) didukung media benda nyata dibandingkan dengan model Kontekstual (CTL) tanpa didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun pelajaran 2021/2022 ? Peneliti ini tujuan yaitu (1) Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kontekstual (CTL) didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifiksi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun 2021/22.(2) Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kontekstual (CTL) tanpa didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun 2021/22.(3) Untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kontekstual (CTL) dengan media benda nyata di banding model pembelajaran kontekstual (CTL) tanpa didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifiksi mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun 2021/22. Peneliti ini menggunakan teknik eksperimen dengan jenis penelitian True Experimental Designs. Rancangan True Experimental Designs dalam penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa lelas IV SDN BAnjarejo kabupaten Nganjuk. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model Kontekstual (CTL) didukungn media benda nyata berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya , hal ini terbukti dengan dilihat nilai t hitung dan nilai rata-rata memuaskan thitung (7,102) > ttabel 5% (2,093), dengan nilai rerata 86,00 yang sudah mencapai ketuntasan minimum.(2) Model Kontekstual (CTL) tanpa didukung media benda nyata Signifikan tetapi hasil t- hitungnya dan nilai rata rata kurang memuaskan , hal ini dilihat dari thitung (3,716) > ttabel 5% (2,093), dengan nilai rerata pretest 60,50 meningkat menjadi 73,25.tetapi hasil rerata belum mencapai ketuntasan minimum.(3) Ada perbedaan pengaruh Model Kontekstual (CTL) didukung media benda nyata dibanding Model Kontekstual (CTL) Tanpa media terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya pada siswa kelas IV A-B SDN Banjarejo dengan keunggulan Model Kontekstual (CTL) didukung media benda nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kontekstual (CTL) didukung media benda nyata, Mengidentifikasi Bagian bunga dan fungsinya
Subjects: 200 Animal science > 212 Social economy of domestic economy
260 Medical science > 279 Physical medicine and rehabilitation
710 Education science > 722 Historical education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: INA MURNI RAHAYU
Last Modified: 08 Aug 2025 03:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21181

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item