MODEL PEMBELAJARAN ISU-ISU KONTROVERSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN CIVIC DISPOSITION SISWA KELAS X-1 SMAN 1 REJOSO

Susanti, Febi Dwi (2025) MODEL PEMBELAJARAN ISU-ISU KONTROVERSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN CIVIC DISPOSITION SISWA KELAS X-1 SMAN 1 REJOSO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87205__2114030019.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87205_2114030019_ SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2114030019_0719036102_0024086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (913kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87205_2114030019_0719036102_0024086901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87205_2114030019_0719036102_0024086901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87205_2114030019_0719036102_0024086901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87205_2114030019_0719036102_0024086901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87205_2114030019_0719036102_0024086901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (342kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87205_2114030019_0719036102_0024086901_07_ lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang masih ditemui siswa kurang menunjukkan kepedulian, misalnya siswa tidak berpartisipasi dalam gotong royong membersihkan lingkungan, atau kegiatan sosial di lingkungan tempat tinggalnya. Setiap siswa pasti memiliki karakter yang berbeda di kelas. Seperti adanya siswa yang kurang kesadaran terhadap tanggung jawab sebagai pelajar. Dengan demikian, diperlukan model pembelajaran isu-isu kontroversial untuk mengembangkan civic disposition siswa. Salah satu tujuan utama dari pembelajaran Pendidikan Pancasila adalah membentuk civic disposition siswa, yaitu sikap dan kecenderungan bertindak sebagai warga negara yang bertanggung jawab, peduli, terlibat aktif dalam kehidupan bermasyarakat, serta memiliki komitmen terhadap nilai-nilai Pancasila. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan model pembelajaran isu-isu kontroversial yang dapat meningkatkan civic disposition siswa kelas X-1 SMAN 1 Rejoso, serta untuk membuktikan dan mendeskripsikan peningkatan civic disposition siswa setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas siswa, angket partisipasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam civic disposition siswa setelah diterapkannya model pembelajaran isu-isu kontroversial. Pada siklus I, skor aktivitas siswa hanya mencapai 71 dan belum memenuhi kriteria ketuntasan. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, skor meningkat menjadi 85, yang menunjukkan pembelajaran telah berhasil. Selain itu, hasil angket menunjukkan mayoritas siswa (69%) memiliki tingkat partisipasi tinggi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: civic disposition, isu-isu kontroversial, pendidikan pancasila
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Febi Dwi Susanti
Last Modified: 08 Aug 2025 03:48
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21172

Actions (login required)

View Item View Item