PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME MONOPOLI MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Damayanti, Alfina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME MONOPOLI MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060121.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060121_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060121_0704078402_0710128902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (976kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060121_0704078402_0710128902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060121_0704078402_0710128902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060121_0704078402_0710128902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060121_0704078402_0710128902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060121_0704078402_0710128902_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (235kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060121_0704078402_0710128902_07_lamp_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda belum menggunakan media pembelajaran dan didominasi pada peran guru. Sehingga siswa kesulitan untuk memahami materi dan siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran. Maka dengan adanya permasalahan tersebut peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis game monopoli. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Dimana model ini memiliki 5 tahapan yang terdiri dari (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa angket melalui teknis analisis data (validitas, kepraktisan, dan keefektifan). Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 2 Katerban Baron sebanyak 30 siswa. Pada tahap uji coba terbatas diikuti sebanyak 7 siswa, sedangkan pada tahap uji coba luas sebanyak 23 siswa. Hasil dari penelitian dan pengembangan media interaktif berbasis game monpolipada materi perubahan wujud bendakelas IV sekolah dasaradalah sebagai berikut. 1) dinyatakan valid dengan memenuhi kriteria persentase nilai validasi materi 100% dan validasi media 84%; 2) dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria persentase angket respon guru sebesar 90% dan angket respon siswa sebesar 98%; 3) dinyatakan efektif dengan memenuhi kriteria persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 100%. Berdasarkan persentase tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis game monopoli dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada materi perubahan wujud benda di kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda belum menggunakan media pembelajaran dan didominasi pada peran guru. Sehingga siswa kesulitan untuk memahami materi dan siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran. Maka dengan adanya permasalahan tersebut peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis game monopoli. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Dimana model ini memiliki 5 tahapan yang terdiri dari (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa angket melalui teknis analisis data (validitas, kepraktisan, dan keefektifan). Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 2 Katerban Baron sebanyak 30 siswa. Pada tahap uji coba terbatas diikuti sebanyak 7 siswa, sedangkan pada tahap uji coba luas sebanyak 23 siswa. Hasil dari penelitian dan pengembangan media interaktif berbasis game monpolipada materi perubahan wujud bendakelas IV sekolah dasaradalah sebagai berikut. 1) dinyatakan valid dengan memenuhi kriteria persentase nilai validasi materi 100% dan validasi media 84%; 2) dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria persentase angket respon guru sebesar 90% dan angket respon siswa sebesar 98%; 3) dinyatakan efektif dengan memenuhi kriteria persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 100%. Berdasarkan persentase tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis game monopoli dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada materi perubahan wujud benda di kelas IV sekolah dasar.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 113 Biology (and general biotechnology)
140 Plant science > 155 Plantation
200 Animal science > 219 Animal biotechnology
260 Medical science > 272 Anesthesia
340 Health sciences > 354 Science of nutrition
410 Engineering science > 422 Environmental engineering
500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language)
550 Economics > 563 Islamic economics
580 Humaniora social science > 593 International relations
630 Religion and philosophy > 641 Islam
660 Art, design and media > 674 Music art
710 Education science > 722 Historical education
900 Other sciences > 900 Other sciences
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Alfina Damayanti
Last Modified: 08 Aug 2025 02:55
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21138

Actions (login required)

View Item View Item