Putri, Windi Etika (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK SISWA KELAS 4 SDN MLANCU 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060081.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060081_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060081_0721048003_0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060081_0721048003_0710039103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (213kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060081_0721048003_0710039103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060081_0721048003_0710039103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (806kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060081_0721048003_0710039103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (68kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060081_0721048003_0710039103_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060081_0721048003_0710039103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan LKPD Interaktif ini dilatar belakangi oleh Kurangnya variasi LKPD dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran setelah materi dijelaskan siswa diminta untuk mengerjakan latihan soal yang ada di buku dan sebagian besar sumber belajar memakai buku paket yang ada di sekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kevalidan LKPD Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Untuk Siswa Kelas 4 SDN Mlancu 2. (2) Bagaimana Kepraktisan LKPD Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Untuk Siswa Kelas 4 SDN Mlancu 2. (3) Bagaimana Keefektifan LKPD Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Untuk Siswa Kelas 4 SDN Mlancu 2. Pada Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Kevalidan, Kepraktisan, dan Keefektifan LKPD Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Untuk Siswa Kelas 4 SDN Mlancu 2. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluate. Subjek penelitian ini menggunakan peserta didik kelas 4 SDN Mlancu 2 yang berjumlah 28 anak. Sedangkan untuk teknik analisis yang dapat diperoleh hasil uji kevalidan yang di dapat dari instrumen ahli materi dan instrumen ahli media, hasil ahli uji kepraktisan didapat dari angket respon guru dan angket respon siswa, keefektifan diperoleh dari hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media yang berupa pretest dan Post-test. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh LKPD Interaktif mendapatkan presentase kevalidan sebesar 90% dari ahli materi dan 84% dari ahli media, presentase tersebut sudah termasuk dalam kategori sangat Valid. Dari hasil respon guru mendapatkan presentase sebesar 90% sedangkan hasil respon siswa memperoleh presentase sebesar 94% dari kedua respon tersebut termasuk dalam kategori sangat Praktis. Pada nilai pre-test dari hasil ketuntasan belajar klasikal peserta didik ada 6 anak yang tuntas dan 16 anak yang tidak tuntas, setelah dilakukannya perhitungan dari ke- 6 anak yang tuntas pada pre-test memperoleh presentase sebesar 27,3%. Sedangkan pada post-test semua peserta didik seluruhnya berhasil mencapai nilai >75, sehingga tingkat ketuntasan belajar klasikal peserta didik mencapai 100%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD Interaktif, Hak dan Kewajiban |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Windi Etika Putri |
Last Modified: | 07 Aug 2025 16:57 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |