Sukma, Aliffia Aristi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISPEMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SDN SENGKUT. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060175.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060175_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (964kB) |
![]() |
Text (Cover sd Bab 1 + References)
RAMA_86206_2114060175_0705069001_0714118403_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060175_0705069001_0714118403_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (789kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060175_0705069001_0714118403_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (777kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060175_0705069001_0714118403_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060175_0705069001_0714118403_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (220kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060175_0705069001_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (228kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060175_0705069001_0714118403_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa serta terbatasnya media yang digunakan guru. Dari hasil observasi ditemukan bahwa 6 dari 20 siswa kelas V SDN Sengkut siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem pencernaan manusia yang ditunjukkan dengan nilai di bawah KKTP (75). pembelajaran yang hanya menggunakan konten video media sosial dan buku panduan yang dikeluarkan oleh pemerintah, membuat siswa merasa cepat jenuh dan membosankan dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. . Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kevalidan Media Sispema pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Kelas V SDN Sengkut, (2) untuk mengetahui kepraktisan Media Sispema pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Kelas V SDN Sengkut, (3) untuk mengetahui Keefektifan Media Sispema pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Kelas V SDN Sengkut. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE adalah Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tempat penelitian di SDN Sengkut, subjek penelitian 20 siswa kelas V dan guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini wawancara, observasi, validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan angket respon siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan analisis kebutuhan dengan menggunakan instrumen wawancara kepada guru dan siswa, kevalidan menggunakan instrumen lembar validasi ahli materi dan ahli media kepada dosen yang ahli dalam materi dan media, kepraktisan menggunakan instrumen berupa angket respon guru dan angket respon siswa, keefektifan menggunakan instrumen posttest dengan jumlah responden uji terbatas 8 siswa dan uji luas 12 siswa. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil skor masing-masing 90% dengan kriteria kategori termasuk “sangat valid” dan 88% termasuk dalam kriteria kategori “sangat valid.” Uji kepraktisan oleh guru menunjukkan skor 94% yang termasuk dalam kategori “sangat praktis” dan 90% (uji luas) dari siswa masuk dalam kategori “sangat praktis.” Uji efektivitas dilakukan melalui posttest kepada 8 siswa pada uji terbatas dan 12 siswa pada uji luas, dengan hasil 88,75% yang masuk dalam kategor “sangat efektif”. Berdasarkan hasil tersebut, media scrapbook Sispema dinyatakan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan media, Sispema, scrapbook, sistem pencernaan manusia, kelas V. |
Subjects: | 660 Art, design and media > 700 Media science 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Aliffia Aristi Sukma |
Last Modified: | 07 Aug 2025 12:44 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |