Helmalia, Ellya Vivi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PAPAN LIGA” PADA MATERI KEBERAGAMAN AGAMA UNTUK KELAS II SDN KARANGREJO 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060223.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (27MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060223_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060223_0705069001_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060223_0705069001_0706128701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (261kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060223_0705069001_0706128701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (942kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060223_0705069001_0706128701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (882kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060223_0705069001_0706128701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060223_0705069001_0706128701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (177kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060223_0705069001_0706128701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas II pada SDN Karangrejo 1 ditemukan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta belum adanya media pembelajaran. Guru yang mengajar di kelas II kurang memahami cara pembuatan media pembelajaran digital dan kekurangan waktu untuk membuat media konkret. Sebagian besar siswa kelas II senang mengerjakan soal-soal yang mendukung materi. Namun, ada materi yang sulit dipahami oleh siswa yakni materi keberagaman agama pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari pengembangan media pembelajaran “Papan Liga” pada materi keberagaman agama untuk kelas II SDN Karangrejo 1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangan media pembelajaran “Papan Liga” pada materi keberagaman agama untuk kelas II SDN Karangrejo 1. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini divalidasi oleh dua validator yakni validator ahli materi dan validator ahli media dengan menggunakan angket validasi materi dan angket validasi media. Media pembelajaran Papan Liga diuji kepraktisan oleh guru dan siswa kelas II SDN Karangrejo 1. Siswa yang melakukan uji coba luas berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan oleh guru dan siswa tersebut adalah angket respon guru dan angket respon siswa. Uji keefektifan dilakukan oleh siswa kelas II SDN Karangrejo 1 dengan menggunakan soal evaluasi.Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran Papan Lingkar Keberagaman Agama (Liga). Media pembelajaran Papan Liga ini memperoleh skor validasi materi 91% dan validasi media dengan skor 96%. Berdasarkan jumlah nilai akhir dari dua validator tersebut diperoleh presentase 93,5% termasuk dalam kategori sangat valid dapat digunakan tanpa perbaikan. Hasil uji kepraktisan pada saat uji coba luas (19 siswa) diperoleh skor 100% pada angket respon guru dan angket respon siswa 99%. Berdasarkan nilai akhir dari hasil uji coba luas yang telah dilakukan diperoleh presentase 99,5%, sehingga termasuk dalam kriteria sangat praktis dapat digunakan tanpa perbaikan. Keefektifan media pembelajaran Papan Liga dalam Ketuntasan pembelajaran secara Klasikal pada saat uji coba luas diperoleh nilai Ketuntasan Klasikal 74% termasuk dalam kriteria efektif dapat digunakan namun perlu perbaikan kecil. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Papan Liga yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi keberagaman agama untuk kelas II Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, papan liga, keberagaman agama |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ellya Vivi Helmalia |
Last Modified: | 07 Aug 2025 13:11 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |