Fikry, Afrian Sista (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VII-A SMPN 2 PLOSOKLATEN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87205_2114030017.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87205_2114030017_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (814kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2114030017_0719036102_0005016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (757kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87205_2114030017_0719036102_0005016901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87205_2114030017_0719036102_0005016901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (356kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87205_2114030017_0719036102_0005016901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87205_2114030017_0719036102_0005016901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_87205_2114030017_0719036102_0005016901_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87205_2114030017_0719036102_0005016901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada hasil pengamatan peneliti yang menunjukkan adanya berbagai kendala dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMPN 2 Plosoklaten. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila, yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran serta dominasi metode ceramah yang membuat siswa pasif dan kurang termotivasi. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Kebhinekaan Indonesia di kelas VII-A SMPN 2 Plosoklaten? (2) Apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Kebhinekaan Indonesia di kelas VII-A SMPN 2 Plosoklaten? . Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian kelas VII-D SMPN 2 Plosoklaten. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan menggunakan instrument berupa Modul Ajar, lembar observasi, dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan pada ketuntasan belajar siswa secara klasikal, nilai rata-rata siswa dalam pretest mengalami kenaikan dari 51,33 pada siklus I menjadi 62 pada siklus II. Demikian juga nilai rata-rata siswa dalam posttest mengalami kenaikan dari 60 pada siklus I menjadi 83,66 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model TPS menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan partisipatif, yang pada akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan pada hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus Tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah – langkah yang efektif dengan menerapkan model pembelajaran TPS untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Kebhinekaan Indonesia, (2) Melalui siklus Tindakan penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Kebhinekaan Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Pendidikan Pancasila, Kebhinekaan Indonesia, |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Afrian Sista Fikry |
Last Modified: | 07 Aug 2025 11:00 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |