META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Arifah, Dewi Nur (2025) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2115010003.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (606kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010003_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar matematika siswa. Namun, hasil penelitian tersebut masih bervariasi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan meta-analisis untuk mengetahui secara komprehensif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan artikel dan skripsi terdahulu. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk Mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa antar jenjang Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Metode tersebut merupakan sintesis penelitian kuantitatif yang menggunakan angka-angka dan statistika dari berbagai hasil penelitian untuk dapat meningkatkan kelengkapan. Meta analisis ini dilakukan menggunakan SOP PRISMA. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan effect size keseluruhan 1,38 sehingga dapat dikatakan pada kategori efek sangat besar. Sedangkan jika ditinjau dari jenjang pendidikan rerata effect size yang paling besar merupakan jenjang SMA namun tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan rekomendasi sebagai model pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang baik SD, SMP dan SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Meta analisis, Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Dewi Nur Arifah
Last Modified: 07 Aug 2025 12:33
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20740

Actions (login required)

View Item View Item