Arifah, Dewi Nur (2025) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_84202_2115010003.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (949kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (604kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (606kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010003_0707067003_0002026403_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010003_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
Abstract
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar matematika siswa. Namun, hasil penelitian tersebut masih bervariasi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan meta-analisis untuk mengetahui secara komprehensif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan artikel dan skripsi terdahulu. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk Mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa antar jenjang Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Metode tersebut merupakan sintesis penelitian kuantitatif yang menggunakan angka-angka dan statistika dari berbagai hasil penelitian untuk dapat meningkatkan kelengkapan. Meta analisis ini dilakukan menggunakan SOP PRISMA. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan effect size keseluruhan 1,38 sehingga dapat dikatakan pada kategori efek sangat besar. Sedangkan jika ditinjau dari jenjang pendidikan rerata effect size yang paling besar merupakan jenjang SMA namun tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan rekomendasi sebagai model pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang baik SD, SMP dan SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meta analisis, Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, Matematika |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dewi Nur Arifah |
Last Modified: | 07 Aug 2025 12:33 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |