Firmansyah, Mochammad Ichsan (2013) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK PGRI 2 KEDIRI DALAM KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87203_2112030029.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030029_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030029_0028016701_079108702_01_Front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030029_0028016701_079108702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030029_0028016701_079108702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030029_0028016701_079108702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030029_0028016701_079108702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_87203_2112030029_0028016701_079108702_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030029_0028016701_079108702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam era Kurikulum Merdeka, keterampilan kolaborasi dan komunikasi menjadi kompetensi penting yang harus dimiliki siswa, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempersiapkan lulusan untuk dunia kerja. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam bekerja sama secara efektif maupun menyampaikan pendapat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa melalui penerapan pendekatan Project Based Learning (PjBL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 3 di SMK PGRI 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dokumentasi, dan penilaian kinerja siswa berdasarkan indikator keterampilan kolaborasi dan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kedua keterampilan tersebut. Pada siklus I, rata-rata persentase indikator kolaborasi siswa berada pada kisaran 70%–76%, dan meningkat menjadi di atas 90% pada siklus II. Demikian pula pada aspek komunikasi, terjadi peningkatan dari sekitar 70% menjadi lebih dari 90% pada siklus II. Selain itu, observasi terhadap aktivitas guru dan siswa menunjukkan bahwa guru telah berperan sebagai fasilitator yang aktif dalam mendesain proyek, mengarahkan diskusi, serta memberikan umpan balik secara konstruktif. Siswa pun menunjukkan perubahan sikap dan keterlibatan yang lebih baik, mulai dari pembagian tugas yang adil, aktif dalam diskusi, hingga menyelesaikan proyek secara kolaboratif dan tepat waktu. Tanggapan siswa terhadap penerapan PjBL juga sangat positif, berdasarkan hasil angket yang menunjukkan mayoritas siswa merasa senang, termotivasi, dan merasa keterampilan kerja sama mereka meningkat. Siswa menyatakan bahwa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna karena melibatkan proyek nyata dan kerja tim. Meskipun beberapa siswa awalnya mengalami kesulitan dalam komunikasi atau merasa kurang percaya diri, namun seiring berjalannya pembelajaran mereka mampu beradaptasi dan lebih aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Kolaborasi, Komunikasi. |
Subjects: | 200 Animal science > 212 Social economy of domestic economy 550 Economics > 561 Economic development 550 Economics > 563 Islamic economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mochammad Ichsan Firmansyah |
Last Modified: | 07 Aug 2025 09:52 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |