PENGEMBANGAN ASESMEN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENGUATKAN KOMPETENSI LITERASI NUMERASI SISWA SMP BERBASIS ENVIRONMENTAL DAMAGE ISSUES

Percatawati, Dhea (2025) PENGEMBANGAN ASESMEN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENGUATKAN KOMPETENSI LITERASI NUMERASI SISWA SMP BERBASIS ENVIRONMENTAL DAMAGE ISSUES. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_2115020013.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_2115020013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2115020013_0713088605_0720088401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_2115020013_0713088605_0720088401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_2115020013_0713088605_0720088401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_2115020013_0713088605_0720088401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_2115020013_0713088605_0720088401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_2115020013_0713088605_0720088401_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (403kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_2115020013_0713088605_0720088401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan nilai PISA Indonesia yang masuk ke dalam kategori rendah yakni pada tahun 2018 peringkat ke-72 dari 78 negara untuk membaca, peringkat 72 dari 78 negara untuk matematika, dan peringkat70 dari 78 negara untuk sains. Selain itu, hasil studi pendahuluan mengenai asesmen literasi numerasi yang dilakukan di sekolah menunjukkan soal yang digunakan guru dalam pembelajaran sebagian besar belum memuat literasi dan numerasi serta belum berbasis kontek. Akibatnya, kemampuan literasi dan numerasinya rendah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui desain soal asesmen yang dapat menguatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa pada materi perubahan lingkungan di SMP, serta untuk mengetahui kelayakan soal asesmen berbasis environmental damage issues pada materi perubahan lingkungan di SMP.memahami soal dan materi. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (educational desain reserch) berjenis Developmen Studies menggunakan pedekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 4 Prambon selama 6 bulan. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dari saran atas soal yang telah dibuat peneliti melalui tahapan-tahapan penelitian pengembangan yakni self-evaluation, expert riview, one-to-one, small group, dan field test. Data diperoleh dari setiap tahapan, dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk perbaikan soal. Tahap awal dilakukan dengan analisis kebutuhan setelah itu merancang kisi-kisi soal bersama dengan guru mata pelajaran dan dosen pembimbing. Setelah kisi-kisi yang dibuat selesai, masuk ke tahap selanjutnya yakni tahap prototyping. Tahap protyping diawali dengan tahap expert riview. Pada tahap expert riview data diperoleh dari komentar-komentar ahli materi, ahli asesmen, serta praktisi lapangan. Expert riview dilaksanakan secara dari dengan cara FGD (Focus Group Discussion) melalui zoom. Dari tahapan ini diperoleh hasil komentar meliputi penambahan soal dengan stimulus grafik, pengembangan level kognitif pada soal yng disesuaikan dengan indikator tujuan pembelajaran, penambahan soal yang menguatkan kompetensi numerasi, serta perbaikan di bagian penulisan yang belum tepat. Setelah tahap expert riview, dilakuakn perbaikan tehadap soal. Selanjutnya masuk ke tahapa one-to-one dan small group dimana soal diujikan kepada kelompok kecil siswa sebagai sampel untuk memperoleh tanggapan dan saran secara langsung dari siswa. Dari tahapan ini diperoleh masukan dalam segi tampilan soal dimana gamar dari stimulus yang diberikan kurang terlihat jelas, selanjutnya banyak singkatan-singkatan dari stimulus berupa berita yang kurang dimengerti oleh siswa, serta kesulitan pemahaman siswa terhadap soal. Setelah tahap tersebut, peneliti melakukan perbaikan sesuai dengan masukan-masukan siswa. Hasil dar penelitian ini diperoleh 25 butir soal yang dinilai layak dan dapat diterima oleh siswa SMP untuk menguatkan kompetensi literasi numerasi berbasis konteks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: asesmen soal, kerusakan lingkungan, literasi numerasi
Subjects: 580 Humaniora social science > 617 Population (demography, and other population sciences)
710 Education science > 733 Population and environmental education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Dhea Percatawati
Last Modified: 07 Aug 2025 09:24
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20660

Actions (login required)

View Item View Item