Noerlaily, Rizka Wahyu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK MATERI KEBERAGAMAN AGAMA BERBASIS EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN BURENGAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060252.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060252_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060252_0710039103_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (850kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060252_0710039103_0713078602_02.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (497kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060252_0710039103_0713078602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (523kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060252_0710039103_0713078602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060252_0710039103_0713078602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (169kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060252_0710039103_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (185kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060252_0710039103_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi keberagamam agama di indonesia serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka diperoleh permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran pop up book materi keberagaman agama berbasis example non example ? (2) Bagaimana kepraktisan penggunaan media tersebut? (3) Bagaiamana keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa? Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan dilaksanakan dalam beberapa tahap mulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi hingga evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Burengan 1 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli media dan materi, angket kepraktisan siswa dan guru, serta tes hasil belajar. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pop up book materi keberagaman agama berbasis example non example. Teknik analisis data dilakukan dengan menguji kevalidan produk yang diperoleh melalui penilaian ahli materi dan media dengan hasil minimal 80% untuk dikategorikan valid. Kepraktisan dilihat dari respon guru dan siswa dan guru terhadap kemudahan dan manfaat penggunaan media, dengan skor minimal ≤81% menunjukkan kategori sangat baik. Keefektifan di ukur dari hasil post test yang dikerjakan siswa, dan media dinyatakan efektif jika mencapai minimal ≤81% Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut. (1) Kevalidan dilihat dari validasi ahli media Pop Up Book yang memperoleh presentase nilai sebesar 88%. Sedangkan validasi ahli materi memperoleh presentase nilai 91%. Dengan demikian media Pop Up Book dapat dikatakan sangat valid. (2) Kepraktisan dilihat dari hasil angket respon guru media Pop Up Book memperoleh respon sebesar 97%. Sedangkan hasil angket respon siswa memperoleh respon sebesar 98%. Dengan demikian media Pop Up Book dapat dikatakan sangat praktis. (3) Keefektifan dilihat dari hasil post-test siswa uji terbatas diperoleh rata- rata 86. Sedangkan hasil post-test uji coba luas diperoleh rata-rata 90. Dengan demikian media Pop Up Book pada materi Keberagaman Agama berbasis example non example sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif untuk di implementasikan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Media, Pop Up Books, Pancasila Education for Elementary Schools |
Subjects: | 630 Religion and philosophy > 640 Science of religion (science) religion 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Rizka Wahyu Noerlaily |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:37 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |