PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS PROSEDUR PADA KELAS IV SD NEGERI 1 SEKARAN

Sembodo, Bagas Priyo (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS PROSEDUR PADA KELAS IV SD NEGERI 1 SEKARAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060197.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060197_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060197_0728129001_0022086508_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060197_0728129001_0022086508_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060197_0728129001_0022086508_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060197_0728129001_0022086508_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060197_0728129001_0022086508_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060197_0728129001_0022086508_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (178kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060197_0728129001_0022086508_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang timbul pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sekaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi teks prosedur, adalah kesulitan siswa dalam menuangkan gagasan dan konsep ke dalam tulisan yang tersusun rapi menjadi kalimat utuh. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih didominasi oleh ceramah dan penggunaan papan tulis, tanpa didukung media pembelajaran yang bervariasi dan menarik. Akibatnya, siswa kurang fokus, merasa jenuh, dan tidak termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil belajar, 48,15% siswa belum mencapai KKM, serta dari hasil angket menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik jika pembelajaran didukung oleh media yang menarik seperti media berbasis visual. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran untuk membuktikan kelayakan media yang ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Developmen (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Dalam penelitian ini menggunakan tiga instrument yaitu pedoman wawancara, agket, dan soal tes (LKPD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dengan hasil yang sangat memuaskan. Dari aspek kevalidan, media dinyatakan valid oleh ahli materi dengan persentase 80% dan sangat valid oleh ahli media dengan skor 98%, menunjukkan kualitas isi dan tampilan media yang baik. Aspek kepraktisan juga menunjukkan hasil sangat tinggi, yaitu 95,5%, berdasarkan penilaian guru kelas IV SD Negeri 1 Sekaran, yang menandakan media ini mudah dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Dari segi keefektifan, terjadi peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, di mana rata-rata nilai post-test mencapai 85,7 pada uji coba terbatas dan 91,25 pada uji coba luas, jauh melampaui nilai KKM sebesar 75, sehingga membuktikan bahwa media scrapbook efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media scrapbook pada materi teks prosedur kelas IV sekolah dasar valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Development, Scrapbook, Procedural Text
Subjects: 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bagas Priyo Sembodo
Date Deposited: 07 Aug 2025 08:28
Last Modified: 07 Aug 2025 08:28
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20534

Actions (login required)

View Item View Item