Putri, Fadila Ardinaning (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS XI SMKN 3 KEDIRI PADA KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_88201_2114040027.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_88201_2114040027_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (311kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_88201_2114040027 _0719068703_0711038903_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_88201_2114040027_0719068703_0711038903_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_88201_2114040027_0719068703_0711038903_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (340kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_88201_2114040027_0719068703_0711038903_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_88201_2114040027_0719068703_0711038903_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (139kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_88201_2114040027_0719068703_0711038903_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (168kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_88201_2114040027_0719068703_0711038903_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada kurikulum merdeka salah satu tujuan utamanya adalah memastikan bahwa semua sekolah memiliki progam literasi. Literasi merupakan kemampuan yang mencakup banyak keterampilan salah satunya keterampilan menulis. Menulis yaitu salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa, memungkinkan mereka untuk secara kreatif mengungkapkan perasaan, konsep, dan pendapat pada diri mereka sendiri. Keterampilan menulis merupakan kemampuan seseorang untuk secara efektif dan jelas mengungkapkan ide, gagasan, informasi, dan perasaan melalui tulisan. Puisi adalah jenis sastra yang menciptakan makna dan perasaan dengan menggunakan kualitas ritmis dan estetika bahasa, seperti pangulangan dan bunyi simbolis. Dalam situasi ini, puisi juga dapat dianggap sebagai ekspresi perasaan seseorang terhadap kehidupan dan lingkungannya saat berinteraksi dengan orang lain. Dalam pembelajaran menulis puisi model pembelajaran quantum teaching dan berbasis masalah dinilai dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana penerapan model pembelajaran quantum teaching dan berbasis masalah berdampak pada kemampuan siswa SMKN 3 Kediri dalam menulis puisi di kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas XI SMKN 3 Kediri. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunaka SPSS statistic versi 25.0 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pembahasan pada artikel ini yaitu mendiskripsikan mengenai: (1) keterampilan menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbasis masalah, (2) keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan berbasis masalah, (3) pengaruh adanya model pembelajaran pembelajaran quantum teaching dan berbasis masalah terhadap keterampilan menulis puisi. Kesimpulan dari artikel ini yaitu bedasarkan hasil penelitian dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan SPSS diperoleh nilai (untuk taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan gabungan = 68) Sehingga (hipotesis nol) ditolak dan (hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan. Bedasarkan hasil penelitian, hendaknya guru dapar memanfaatkan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Menentukan model pembelajaran yang tepat, dapat memberikan dampak positif meninglatkan antusiasme siswa dan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran , Quantum Teaching, Berbasis Masalah, Keterampilan Menulis, Puisi, Kurikulum Merdeka. |
Subjects: | 500 Linguistics > 526 Other fields of language sciences not yet listed |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Fadila Ardinaning Putri |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:23 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:23 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |