Haryati, Rifqi Takriyatu (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS MATERI BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ASICC BERBASIS LESSON STUDY KELAS XI-8 SMAN 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84205_2115020003_0711086102_0702078502_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (349kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84205_2115020003_0711086102_0702078502_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (319kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84205_2115020003_0711086102_0702078502_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (339kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84205_2115020003_0711086102_0702078502_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (255kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_84205_2115020003_0711086102_0702078502_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (238kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84205_2115020003_0711086102_0702078502_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2115020003_0711086102_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Full text)
RAMA_84205_2115020003.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84205_2115020003_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perolehan persentase keterampilan komunikasi tulisan sebesar 58,9% dan keterampilan berpikir kritis sebesar 50,7%. Hal ini sejalan dengan hasil wawancara dari guru biologi bahwa keterampilan komunikasi tulisan dan berpikir kritis belum pernah diukur menggunakan rubrik keterampilan komunikasi dan berpikir kritis, tetapi hanya sebatas pengamatan saat pembelajaran berlangsung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikolaborasikan dengan Lesson Study (LS), dengan tahapan plan, do, dan see. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang dilaksanakan pada bulan Februari 2025 hingga bulan Maret 2025. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara, lembar observasi, soal pot test, rubrik penilaian, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berasal dari soal post test kemudian dianalisis menggunakan rubrik keterampilan komunikasi tulisan menurut Sari dan dilakukan pengkategorian berdasarkan interval menurut Riduwan. Sedangkan data keterampilan berpikir kritis dianalisis menggunakan rubrik menurut Zubaidah dan dilakukan pengkategorian interval menurut Arikunto serta dilakukan penskoran kriteria berpikir kritis menurut Zubaidah . Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata keterampilan komunikasi tulisan dan keterampilan berpikir kritis. Peningkatan rata-rata keterampilan komunikasi tulisan pada siklus 1 sebesar 68,8% meningkat menjadi 80,6% pada siklus 2. Juga terdapat peningkatan pada indikator keterampilan komunikasi tulisan, indikator ketepatan jawaban pada siklus 1 sebesar 72,4% menjadi 83,6% pada siklus 2 dan indikator kualitas tulisan sebesar 65,1% menjadi 77,6 pada siklus 2. Peningkatan rata-rata keterampilan berpikir kritis sebesar 62,4% pada siklus 1 menjadi 76,8% pada siklus 2. Juga terdapat peningkatan pada keterampilan berpikir kritis yakni siklus 1 terdapat 18 peserta didik yang keterampilan berpikir kritisnya belum berkembang dan 20 peserta didik yang sudah berkembang, pada siklus 2 terdapat 31 peserta didik yang keterampilan berpikir kritisnya sudah berkembang dan 7 peserta didik yang keterampilan berpikir kritisnya belum berkembang. Berdasarkan hal tersebut, keterampilan komunikasi tulisan dan keterampilan berpikir kritis dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran ASICC. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian, model pembelajaran ASICC berbasis Lesson Study dapat diterapkan atau diimplementasikan pada peserta didik. Model pembelajaran ASICC dapat meningkatkan keterampilan komunikasi tulisan dan keterampilan berpikir kritis peserta didik, sehingga dapat direkomendasikan untuk diimplementasikan dalam pembelajaran khususnya biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, berpikir kritis, ASICC |
Subjects: | 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 790 Education science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rifqi Takriyatu Haryati |
Last Modified: | 07 Aug 2025 05:56 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20447 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
![]() |
View Item |