Wulandari, Anggi Marta (2025) Strategi Optimalisasi Pemanfaatan Fitur Instagram Reels untuk Meningkatkan Minat Konsumen dan Daya Saing UMKM Star Badut di Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_61201_2112010093.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010093_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (964kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010093_0727127801_0720108202_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010093_0727127801_0720108202_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (125kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010093_0727127801_0720108202_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (173kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010093_0727127801_0720108202_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (193kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010093_0727127801_0720108202_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_61201_2112010093_0727127801_0720108202_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (237kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010093_0727127801_0720108202_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di belakangi oleh peranan UMKM yang sangat penting bagi ekonomi lokal pada masyarakat di Kediri, tantangan pemasaran dengan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi digital merupakan kesulitan yang saat ini sulit untuk beradaptasi. Teknologi menjadi solusi terhadap perkembangan pemasaran digital seperti media sosial instagram bisa memperluas pasar dan meningkatkan interaksi. Penelitian ini fokus pada UMKM Star Badut di Kediri, dengan tujuan mengoptimalkan peran teknologi digital melalui digital marketing, khususnya instagram reels, sebagai sarana promosi yang efektif untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Selain itu, penelitian ini akan menggali strategi pengelolaan digital marketing agar mampu bersaing di tengah trend pemasaran digital dan mengidentifikasi kendala seperti keterbatasan pengetahuan teknologi dan SDM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi sumber data untuk meengetahui keakuratan informasi, serta menggunakan pendekatan fenomenologis untuk memahami pengalaman pelaku usaha melalui wawancara dengan empat informan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Star Badut menghadapi tantangan perluasan pasar dan citra merek pada media digital. Namun, instagram reels terbukti efektif sebagai strategi digital marketing untuk menarik perhatian konsumen, meningkatkan interaksi, dan memperkuat visibilitas. Pemanfaatan media sosial instagram tidak hanya meningkatkan promosi dan kualitas, tetapi juga memperkuat posisi citra merek UMKM di pasar yang kompetitif. Penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Star Badut di Kediri berhasil mengatasi tantangan pemasaran dan citra merek dengan memanfaatkan Instagram Reels sebagai strategi pemasaran digital utama. Instagram Reels terbukti efektif dalam menarik perhatian konsumen, meningkatkan interaksi, dan memperkuat visibilitas merek, yang pada akhirnya meningkatkan promosi dan kualitas UMKM di pasar kompetitif. Meskipun ada keterbatasan data keuangan, pada penelitian ini memberikan referensi praktis tentang potensi besar pemasaran digital bagi UMKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi, Minat, Daya Saing, UMKM. |
Subjects: | 550 Economics > 571 Management 550 Economics > 574 Marketing 550 Economics > 577 Information management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen |
Depositing User: | Anggi Marta Wulandari |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 05:56 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 05:56 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |