PENGEMBANGAN MEDIA MONOLIT (MONOPOLI LITERASI) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV SDN MUNDUSEWU 1

Trisnasari, Fifa Erida (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MONOLIT (MONOPOLI LITERASI) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV SDN MUNDUSEWU 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060218.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060218_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060218_0724077901_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060218_0724077901_0702018801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060218_0724077901_0702018801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060218_0724077901_0702018801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060218_0724077901_0702018801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060218_0724077901_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (311kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060218_0724077901_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa dan kurangnya motivasi siswa dalam membaca. Selain itu, Guru kurang menyediakan media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui validitas media pembelajaran MONOLIT (Monopoli Literasi), (2) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran MONOLIT (Monopoli Literasi), serta (3) Mengetahui peningkatan keterampilan membaca setelah penggunaan media pembelajaran MONOLIT (Monopoli Literasi). Media pembelajaran merupakan sarana penting yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mempermudah pemahaman siswa melalui pendekatan yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Prinsip penggunaannya menekankan interaktivitas, kesenangan, kolaborasi, dan umpan balik langsung, dengan berbagai jenis media seperti visual, audio, audio-visual, dan permainan edukatif seperti monopoli literasi. Selain itu, keterampilan membaca juga menjadi bagian penting dalam pembelajaran, yang bertujuan meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan minat terhadap literasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Mundusewu 1 Kabupaten Jombang. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli, angket respon, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan Skala Linkert dengan skor penilaian 1-5 meliputi analisis data kevalidan, kepraktisan dan Normalize Gain (N-gain) untuk menghitung keefektifan. Hasil validasi ahli menunjukkan media MONOLIT valid dengan skor rata-rata 82%. Hasil Respon siswa termasuk kategori baik dengan rata-rata siswa 84,5%. Efektivitas media ditunjukkan oleh peningkatan nilai pre-test 76,04 menjadi post-test 90,62. Kemudian dihitung menggunakan N-gain dengan skor 0,72 dan termasuk dalam kategori peningkatan “tinggi”. Apabila diubah menjadi presentase diperoleh skor 72% yang termasuk dalam kategori “cukup efektif”. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran MONOLIT (monopoli Literasi) dinyatakan valid dan layak digunakan dengan skor 82%, (2) Media MONOLIT (Monopoli Literasi) mendapatkan respon baik dari siswa kelas IV dengan skor 84,5%, (3) Media MONOLIT(Monopoli Literasi) dinyatakan dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV dengan skor N-gain 72% dengan kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, monopoli, keterampilan membaca
Subjects: 500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language)
660 Art, design and media > 705 Other media fields not yet listed
710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fifa Erida Trisnasari
Last Modified: 07 Aug 2025 05:24
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20360

Actions (login required)

View Item View Item