PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABU (LAPISAN BUMI) BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI UNTUK SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Alisanti, Rika Wahyu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABU (LAPISAN BUMI) BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI UNTUK SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060164.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060164_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060164_0724077901_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060164_0724077901_0702018801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060164_0724077901_0702018801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060164_0724077901_0702018801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060164_0724077901_0702018801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060164_0724077901_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (207kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060164_0724077901_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi struktur lapisan bumi yang bersifat abstrak serta minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini yaitu:(1)mengetahui validitas media pembelajaran LABU berbasis Augmented Reality (AR), (2) mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan media LABU, serta (3) mengukur efektivitas media LABU dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Landasan teori pada penelitian ini mencakup media pembelajaran yang merupakan alat bantu untuk menyampaikan materi secara efektif dan menarik. Augmented Reality (AR) yang berfungsi memungkinkan visualisasi materi abstrak dalam bentuk tiga dimensi yang interaktif. Platform Assemblr Edu ini dimanfaatkan untuk mengembangkan media AR yang sesuai bagi pembelajaran IPAS, yang mengintegrasikan IPA dan IPS dalam Kurikulum Merdeka. Materi struktur lapisan bumi yang abstrak seperti kerak, mantel, inti luar, dan inti dalam membutuhkan media visual agar mudah dipahami siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Ngrawan 2 Kabupaten Nganjuk. Instrumen penelitian terdiri atas lembar validasi ahli, angket respon, dan tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung skor rata-rata serta gain ternormalisasi (N-gain) untuk mengukur efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media LABU berbasis Augmented Reality (AR) sangat valid dengan skor 87,5%, dan dinilai sangat praktis oleh siswa (94,93%) dan guru (90%). penggunaan media ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan oleh kenaikan nilai rata-rata dari 49,7 menjadi 75,3 dan ketuntasan belajar dari 33% menjadi 73%. Nilai N-gain sebesar 0,51 menunjukkan efektivitas sedang. Dengan demikian, media LABU cukup efektif dalam membantu siswa memahami materi abstrak dan layak digunakan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran LABU berbasis Augmented Reality (AR) sangat valid (87,5%), praktis (respon siswa 94,93% dan guru 90%), dan cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan N-gain sebesar 0,51 (kategori sedang). Media ini mendukung pembelajaran aktif dan visualisasi konsep abstrak, sehingga direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS dan berpotensi dikembangkan lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Augmented Reality, LABU, struktur lapisan bumi, hasil belajar.
Subjects: 710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rika Wahyu Alisanti
Last Modified: 07 Aug 2025 05:19
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20329

Actions (login required)

View Item View Item