Sari, Refita (2025) PENGARUH PROMO EVENT DAY TANGGAL KEMBAR, FLASH SALE, DAN VOUCHER DISKON SHOPEE LIVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI WILAYAH KECAMATAN KEPUNG. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_61201_2112010031.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010031_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (998kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010031_0715106203_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010031_0715106203_0723117802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (29kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010031_0715106203_0723117802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010031_0715106203_0723117802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (474kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010031_0715106203_0723117802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_61201_2112010031_0715106203_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (227kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010031_0715106203_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi digital mendorong perubahan dalam bisnis, terutama e-commerce. Shopee sebagai salah satu platform e-commerce terpopuler di Indonesia, menggunakan strategi promosi seperti Event Day Tanggal Kembar, flash sale, dan voucher diskon Shopee Live untuk menarik konsumen dan mendorong keputusan pembelian. Strategi ini dianggap efektif dalam menciptakan pengalaman belanja yang menarik, khususnya di wilayah non-perkotaan seperti Kecamatan Kepung. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi Event Day Tanggal Kembar, Flash sale, dan Voucher Diskon Shopee Live terhadap keputusan pembelian. Dan untuk mengukur besarnya peran promosi tersebut dalam meningkatkan minat dan keputusan pembelian konsumen di wilayah non-perkotaan seperti Kecamatan Kepung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis kausalitas dengan populasi masyarakat pengguna E-commerce shopee diwilayah Kecamatan Kepung. Dimana sampel yang diambil adalah 40 responden dengan teknik Purposive sampling, dimana teknik penentuan sampelnya yaitu menggunakan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner, dan teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel memiliki pengaruh signifikan, baik secara parsial maupun simultan. Secara simultan, ketiga variabel mampu menjelaskan 80% variasi keputusan pembelian. Studi ini menyoroti pentingnya strategi promosi berbasis data dalam memengaruhi perilaku konsumen, terutama di wilayah non-perkotaan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga jenis promosi Shopee Event day tanggal kembar, flash sale, dan voucher diskon Shopee Live berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Event Day tanggal kembar efektif menciptakan urgensi dan brand recall, flash sale menjadi yang paling dominan karena mendorong pembelian impulsif, sementara Shopee Live meningkatkan interaksi dan kepercayaan konsumen. Secara bersama-sama, ketiganya mampu menjelaskan 80% variasi keputusan pembelian pengguna di Kecamatan Kepung. Sehingga penelitian ini diharap mampu memberikan implikasi praktis yaitu dapat membantu perusahaan merumuskan strategi periklanan atau promosi yang lebih tepat untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Event Day Tanggal Kembar, Flash Sale, Voucher Diskon Shopee Live, Keputusan Pembelian, E-commerce |
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 550 Economics > 571 Management 550 Economics > 574 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen |
Depositing User: | Refita Sari |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:55 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |