PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MATERI FOTOSINTESIS SDN BABADAN 1

Muhammad Nafi’udin, Nafi’udin (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MATERI FOTOSINTESIS SDN BABADAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060136.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060136_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060136_0721048003_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (781kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060136_0721048003_0713078602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060136_0721048003_0713078602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060136_0721048003_0713078602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060136_0721048003_0713078602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060136_0721048003_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060136_0721048003_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa dalam pembelajaran IPAS peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda, namun guru masih menggunakan metode yang sama untuk semua peserta didik. Hal ini menyebabkan banyak peserta didik kesulitan mengikuti pembelajaran secara optimal dan berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil pre test dan post test peserta didik tanpa menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada materi fotosintesis di kelas IV SDN Babadan 1; (2) hasil pre test dan post test peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi; dan (3) perbedaan hasil belajar antara kelompok yang menggunakan dan tidak menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada materi fotosintesis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik SDN Babadan 1. Data penelitian diperoleh melalui metode tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji t berpasangan untuk mengukur pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar. Uji normalitas dilakukan terlebih dahulu dengan Shapiro-Wilk untuk memastikan data berdistribusi normal. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil pre-test dan post-test peserta didik tanpa menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS materi fotosintesis di kelas IV SDN Babadan 1 menunjukkan adanya peningkatan yang tergolong rendah. Nilai rata-rata peserta didik pada saat pre-test sebesar 72,05 mengalami peningkatan menjadi 73,6 pada post-test, dengan selisih kenaikan hanya 1,55 poin. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat peningkatan, capaian hasil belajar peserta didik masih berada pada kategori cukup dan belum optimal. (2) Hasil pre-test dan post-test peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS materi fotosintesis di kelas IV SDN Babadan 1 menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik. Nilai rata-rata peserta didik pada pre-test sebesar 72,05 meningkat menjadi 85,7 pada post-test, dengan selisih kenaikan sebesar 13,65 poin. Peningkatan yang cukup tinggi ini mengindikasikan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu peserta didik memahami materi fotosintesis dengan lebih baik. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi fotosintesis antara kelompok yang diberi pembelajaran berdiferensiasi dan kelompok yang tidak di kelas IV SDN Babadan 1. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis menggunakan uji t-test, yang menunjukkan adanya perbedaan nilai rata rata yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari 72,05 pada saat pre-test menjadi 85,7 pada saat post test setelah diberikan perlakuan pembelajaran berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: learning, differentiation, learning outcomes, photosynthesis
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 797 Curriculum development
710 Education science > 802 Curriculum and educational technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Nafiudin
Last Modified: 06 Aug 2025 17:23
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20033

Actions (login required)

View Item View Item