STUDI EKSPLORASI: TUMBUHNYA KONSEP PERKALIAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI BLABAK 3

Anggraeni, Novi (2025) STUDI EKSPLORASI: TUMBUHNYA KONSEP PERKALIAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI BLABAK 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2115010018.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010018_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010018_0002026403_0707067003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010018_0002026403_0707067003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010018_0002026403_0707067003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010018_0002026403_0707067003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010018_0002026403_0707067003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2115010018_0002026403_0707067003_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (513kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010018_0002026403_0707067003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pada kelas berapa konsep perkalian mulai tumbuh di tingkat Sekolah Dasar, dengan menggunakan media kelereng sebagai alat bantu visual. Media kelereng digunakan untuk memfasilitasi pemahaman siswa terhadap perkalian dengan cara yang lebih konkret dan iteraktif. Melalui pengelompokan kelereng, siswa dapat melihat hubungan antara angka dan objek secara langsunng, sehingga mempermudah mereka dalam memahami perkalian sebagai penjumlahan berulang. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Blabak 3 dengan mengamati mulai dari kelas awal hingga kelas yang sudah mulai tumbuhnya konsep perkalian di tingkat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep perkalian mulai tumbuh dengan jelas dan berkembang lebih mendalam pada kelas 3, Dimana siswa mulai dapat mengaplikasikan konsep ini dalam konteks yang lebih luas. Penggunaan media kelereng terbukti efektif dalam membantu siswa memahami perkalian, sehingga peneliti dapat mengetahui dari kelas berapakah mulai tumbuhnya konsep perkalian di tingkat Sekolah Dasar. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa konsep perkalian mulai tumbuh di siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Pada tahap ini siswa mulai memahami konsep perkalian dengan cara menghitung menggunakan metode penjumlahan berulang. Tedapat 2 siswa yang menggunakan metode penjumlahan berulang dalam hasil penelitian ini, yaitu Nino dan Gino. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang perkembangan kognitif siswa Sekolah dasar dan menyediakan informasi berharga bagi guru dan pendidik untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Perkalian, Media Kelereng, Sekolah Dasar
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Novi Anggraeni
Last Modified: 06 Aug 2025 16:06
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19961

Actions (login required)

View Item View Item