Zulva, Iqlima Elsa (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MONOPOLI PADA MATERI PENERAPAN SILA-SILA PANCASILA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI MOJO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060067.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060067_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060067_0719048206_0713118901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060067_0719048206_0713118901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (382kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060067_0719048206_0713118901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (539kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060067_0719048206_0713118901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060067_0719048206_0713118901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (141kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060067_0719048206_0713118901_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (171kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060067_0719048206_0713118901_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa permainan monopoli pada materi penerapan sila-sila Pancasila untuk siswa kelas IV SD Negeri Mojo, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Ppkn) pada materi penerapan nilai-nilai Pancasila. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru masih didominasi ceramah dan media yang digunakan adalah video pembelajaran youtube, sehingga kurang menarik perhatian siswa dan menyebabkan rendahnya pemahaman terhadap materi Media pembelajaran interaktif monopoli ini dirancang agar siswa dapat belajar sambil bermain. Media ini menyajikan materi melalui kotak-kotak permainan yang berisi kuis, tantangan serta visual yang menarik yang dapat membuat proses belajar lebih menyenangkan dan mudah di pahami. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid. Hasil validasi uji kevalidan media mendapatkan hasil persentase 86%, sedangkan hasil uji validasi materi mendapatkan hasil persentase sebesar 86%. Hasil uji coba kepraktisan media dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan angket respon guru mendapatkan persentase sebesar 86%, sedangkan angket respon siswa mendapatkan persentase sebesar 94,2%. Sementara itu hasil uji keefektivan menyatakan bahwa media yang dinyatakan sangat efektif dan mampu meningkatkan pemahaman siswa. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada 7 siswa mendapatkan persentase sebesar 100%, sedangkan pada uji coba luas mendapatkan persentase 90%. Maka media pembelajaran interaktif monopoli dikatakan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif monopoli materi penerapan sila-sila Pancasila pada pembelajaran PPKN di kelas IV SD memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, monopoli interaktif, penerapan sila-sila pancasila, PPKN, pengembangan media |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Iqlima Elsa Zulva |
Last Modified: | 06 Aug 2025 13:07 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |