Early, Adisti Mutiara Harisky (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SDN BRENGGOLO 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060029.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060029_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (450kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060029_0704078402_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (269kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060029_0704078402_0705069001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (523kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060029_0704078402_0705069001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (486kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060029_0704078402_0705069001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060029_0704078402_0705069001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (63kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060029_0704078402_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (106kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060029_0704078402_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa pembelajaran materi Keberagaman Budaya Pendidikan Pancasila kurang efektif. Guru masih menggunakan metode ceramah dan monoton. Akibatnya siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan mengalami kesulitan untuk memahami materi. Lebih lanjut, berdasarkan hasil nilai bahwa ada 20 siswa atau 57% dari 35 siswa yang tidak mencapai ketuntasan KKTP dengan rata-rata 75. Dengan itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran sebagai solusi dari permasalahan diatas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran pocket book di SDN Brenggolo 1 menggunakan mind mapping pada materi Keanekaragaman Budaya Kelas IV. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran pocket book di SDN Brenggolo 1 menggunakan mind mapping pada materi Keanekaragaman Budaya Kelas IV. (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran pocket book di SDN Brenggolo 1 menggunakan mind mapping pada materi Keberagaman Budaya Kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Dimana model ini memiliki 5 tahapan yang terdiri dari (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Brenggolo 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa observasi, wawancara, dan angket melalui Teknik analisis data (validitas, kepraktisan, keefektifan). Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa, (1) Hasil Uji Kevalidan dilihat dari validasi ahli media yang memperoleh presentase nilai sebesar 85,71% dan skor ahli materi sebesar 92%. Kedua skor validasi diakumulasikan menjadi 87,55%. Hasil akumulasi menunjukkan kriteria sangat valid. (2) Hasil Uji Kepraktisan mendapat skor kepraktisan guru sebesar 92% dan hasil respon siswa sebesar 97%. Kedua nilai kepraktisan guru dan siswa diakumulasikan menjadi 98,6%, dan mendapat kriteria sangat praktis. (3) Hasil Uji Keefektifan uji terbatas diperoleh rata-rata 80%. Sedangkan hasil uji coba luas diperoleh rata-rata 90% dan mendapat kriteria sangat efektif. Demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pocket Book berbasis Mind Mapping materi Keberagaman Budaya, yang diajarkan kepada siswa kelas IV di SDN Brenggolo 1, dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Media Pocket Book dikembangkan untuk meningkatkan antusiasme siswa untuk belajar di kelas, sehingga berdampak untuk peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning media, Pocket Book, Pancasila Elementary School Education |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | ADISTI MUTIARA EARLY HARISKY |
Last Modified: | 06 Aug 2025 12:59 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |