PENGARUH DEFERENSIASI PRODUK, PREFERENSI CITRA MEREK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE IPHONE DI KOTA KEDIRI

CAHYANINGRUM, PUTRI APRILIA CAHYANINGRUM (2025) PENGARUH DEFERENSIASI PRODUK, PREFERENSI CITRA MEREK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE IPHONE DI KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_2112010376.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010376_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (964kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010376_0727127801_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (657kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010376_0727127801_0723117802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010376_0727127801_0723117802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010376_0727127801_0723117802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010376_0727127801_0723117802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2112010376_0727127801_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010376_0727127801_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi di era globalisasi membuat masyarakat dapat berkomunikasi dengan cepat dan tanpa batas. Komunikasi menjadi aspek yang krusial dalam mendukung berbagai kegiatan masyarakat. Hal ini didukung dengan ketersediaan akses internet yang turut menunjang kebermanfaatan smartphone. Kompetensi yang sengit dalam industri teknologi komunikasi mendorong perusahaan untuk menciptakan produk smartphone terbaik mereka. Produk iPhone menjadi salah satu merek smartphone yang memimpin pasar karena keunggulannya yang digandrungi banyak masyarakat terutama generasi Z. Bukan tanpa alasan mengapa masyarakat lebih memilih IPhone diantaranya tingkat keamanan yang sangat tinggi, aplikasi yang terjamin dari virus, fitur kamera berkualitas tinggi, versi IOS yang hanya ada pada produk IPhone, dan model yang elegan. Fenomena ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian iPhone tidak hanya berlandaskan pada kebutuhan dasar, tetapi juga pada faktor psikologis dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh diferensiasi produk, preferensi citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk smartphone IPhone di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis data primer. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 150 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner berupa seperangkat pertanyaan yang disebarkan kepada responden dan diolah dengan menggunakan SPSSV25. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis uji t, uji F, dan koefesien determinasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa diferensiasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian IPhone di Kota Kediri. Preferensi citra merek berpengengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian IPhone di Kota Kediri. Persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian IPhone di Kota Kediri. Serta, seluruh variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian IPhone di Kota Kediri dengan tingkat R2 sebesar 88%. Penelitian ini memperluas pemahaman tentang hubungan antara variabel pemasaran dan keputusan pembelian. Kontribusi penelitian ini mengenai diferensiasi produk, preferensi citra merek, dan persepsi harga sangat penting dalam konteks pemasaran modern bagi perusahaan. Keterbatasan penelitian ini terletak pada objek yang masih mencakup kota Kediri dan satu produk yang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Deferensiasi Produk, Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian
Subjects: 550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Putri Aprilia Cahyaningrum
Last Modified: 06 Aug 2025 12:04
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19741

Actions (login required)

View Item View Item