TSUWAIBAH, SINTA NUR (2013) PENGEMBANGAN MEDIA E-SCRAPBOOK PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN KRATON. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060224 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060224_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060224_072407701_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060224_072407701_0702018801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060224_072407701_0702018801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060224_072407701_0702018801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060224_072407701_0702018801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060224_072407701_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060224_072407701_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena banyak siswa yang belum memahami dan menguasai materi keragaman budaya, menurunnya antusias siswa dalam belajar yang dikarenakan pembelajaran monoton hanya menggunakan buku yang berasal dari sekolah, terdapat penurunan respon siswa ketika diberi pertanyaan mengenai materi keragaman budaya. Guru tidak menggunakan media pembelajaran ketika menyampaikan materi keragaman budaya, guru sering menggunakan metode ceramah, dan belum ada inovasi media yang digunakan dalam pembelajaran materi keragaman budaya. Diperkuat dengan analisis dokumen hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi keragaman budaya, diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 65,5, nilai tersebut masih tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar siswa juga dipengaruhi karena kurangnya pemahaman materi mengenai keragaman budaya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: (1) Untuk mengetahui kevalidan Media E-Scrapbook Pada Materi Keragaman Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Kraton. (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap Media E-Scrapbook Pada Materi Keragaman Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Kraton. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Media E-Scrapbook Pada Materi Keragaman Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Kraton. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) (Research and Development) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kraton yang berjumlah 26 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa. (1) Berdasarkan hasil uji kevalidan, skor ahli materi 94% dan ahli media 88%. Kedua nilai diakumulasikan menjadi 91%, yang menunjukkan kategori sangat valid. (2) Berdasarkan data angket respon siswa, diketahui skor angket respon 8 siswa uji coba terbatas 88,75% dan skor angket respon 16 siswa uji coba luas 92%. Kedua nilai diakumulasikan menjadi 90,4%, yang menunjukkan kategori sangat layak. (3) Berdasarkan hasil uji Keefektifan, diperoleh rata-rata nilai pretest yaitu 57,50, sedangkan rata-rata nilai posttest yaitu 86,54. Artinya nilai rata-rata posttest 86,54 > 57,50 dibandingkan nilai rata-rata pretest. Nilai signifikansi data diperoleh 0,000 < 0,05, yang menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak, artinya nilai rata-rata antara pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan dan media E-Scrapbook efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SDN Kraton. Dapat disimpulkan bahwa media E-Scrapbook yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, sangat layak dari hasil angket respon siswa, dan sangat efektif dari hasil nilai pretest dan posttest siswa. Sehingga media E-Scrapbook ini dapat digunakan untuk pembelajaran materi keragaman budaya di kelas IV SDN Kraton.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Scrapbook, Keragaman Budaya, Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Animal science > 216 Animal production 410 Engineering science > 443 Energy engineering 410 Engineering science > 457 Computer engineering 710 Education science > 794 PGTK and PAUD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Sinta Nur Tsuwaibah |
Last Modified: | 06 Aug 2025 12:31 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |