Nugraha, Denny Setya (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCREPANT EVENTS PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI SISWA KELAS 4 SDN MOJOROTO 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060087.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (19MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060087_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060087_0701058701_0006096801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060087_0701058701_0006096801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (502kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060087_0701058701_0006096801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060087_0701058701_0006096801_04.pdff.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86206_2114060087_0701058701_0006096801_05.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060087_0701058701_0006096801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060087_0701058701_0006096801_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (282kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060087_0701058701_0006096801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA pada materi perubahan bentuk energi, masalah pertama guru sudah mampu menggunakan teknologi dalam pembelajaran, namun pada materi perubahan bentuk energi IPA, masih menggunakan media gambar tanpa audio visual, Sumber belajar yang digunakan hanya buku guru dan buku peseta didik, Metode pembelajaran yang digunakan belum bervariasi contohnya metode pembelajaran kooperatif, metode pembelajaran visual, metode pembelajaran aktif, Minat belajar sebagian peserta didik terhadap materi pembelajaran IPA masih sangat rendah karena, ketidak pahaman materi, gaya belajar, motivasi. guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, Peserta didik di kelas 4 ada yang belum bisa mengikuti dengan baik materi pembelajaran IPA “Perubahan Bentuk Energi” karena belum tersedianya media yang dapat menunjang penyampaian materi tersebut, Rendahnya hasil belajar sebagian peserta didik pada muatan pembelajaran IPA masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). KKTP yang ditetapkan adalah 75, tetapi hanya 8 siswa dari 28 siswa yang tuntas dalam belajar IPA, hal ini dilihat dari hasil ulangan harian. Berdasarkan tujuan penelitian ini yakni : (1) Untuk mengetahui tingkat kevalidan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Discrepant Events Pada Materi Perubahan Bentuk Energi untuk Siswa Kelas 4. (2) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Discrepant Events Pada Materi Perubahan Bentuk Energi untuk Siswa Kelas 4. (3) Untuk mengetahui tingkat keefektifan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Discrepant Events Pada Materi Perubahan Bentuk Energi untuk Siswa Kelas 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan sistematis: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket observasi guru dan siswa, angket wawancara guru dan siswa, angket kebutuhan siswa. Lembar validasi ahli media dan ahli materi. Angket respon guru dan siswa. Soal pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini memiliki tingkat kevalidan yang sangat baik, dengan skor 83% dari ahli media dan 88% dari ahli materi. Kepraktisan media juga dinilai sangat tinggi berdasarkan tanggapan guru sebesar 89% dan siswa sebesar 97% pada uji coba terbatas, serta 100% pada uji coba luas. Selain itu, efektivitas media dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa, di mana seluruh peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) setelah menggunakan media tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan di SDN Mojoroto 4 Kota Kediri, multimedia berbasis discrepant events pada materi perubahan bentuk energi untuk kelas IV SD dinyatakan sangat layak, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Interactive Multimedia, Discrepant Events, Changes in Energy Forms, Science Learning |
Subjects: | 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Denny Setya Nugraha |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:53 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |