ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Wijaya, Bryant Candra (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2115010027.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010027_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010027_0717127601_0710016401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010027_0717127601_0710016401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010027_0717127601_0710016401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010027_0717127601_0710016401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010027_0717127601_0710016401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2115010027_0717127601_0710016401_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (243kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010027_0717127601_0710016401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai peserta dalam program Kampus Mengajar Angkatan 7, peneliti berkesempatan untuk terjun langsung ke tempat sekolah penugasan yang juga sebagai tempat penelitian peneliti. Peneliti mendapatkan tempat penugasan di SD Negeri Bawang 2. Sesuai dengan hasil observasi dan hasil pretes – postest Asesmen Kemampuan Minimum (AKM) peneliti bertempat di SD Negeri Bawang 2 yang dilakukan peneliti pada program Kampus Mengajar Angkatan 7, bahwa sebagian siswa kelas V masih kesulitan untuk menyelesaikan soal cerita pada materi Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Besar (FPB). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas V pada kategori rendah dalam menyelesaikan soal cerita dalam materi KPK dan FPB. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas V pada kategori sedang dalam menyelesaikan soal cerita dalam materi KPK dan FPB. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas V pada kategori tinggi dalam menyelesaikan soal cerita dalam materi KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 3 orang siswa dari kelas V SD Negeri Bawang 2. Instrument yang digunakan adalah tes literasi matematis yang berupa soal ceritta dan pedoman wawancara. Hasil analisis terhadap pekerjaan siswa dan wawancara dalam menyelesaikan soal tes literasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita yaitu: (1) Subjek S3 diklasifikasikan sebagai siswa dengan tingkat literasi matematis yang rendah. Indikasi ini terlihat dari jawaban yang hanya mencakup satu level literasi serta penyelesaian yang tidak terstruktur dan kurang sistematis. (2) Subjek S2 dikategorikan memiliki kemampuan literasi matematis pada tingkat sedang. Hal ini tercermin dari penyelesaian soal yang mencakup dua level literasi, meskipun belum disertai dengan representasi matematis yang lebih eksplisit dan terstruktur. (3) Subjek S1 dikategorikan sebagai siswa dengan tingkat literasi matematis yang tinggi. Hal ini ditunjukkan melalui jawaban yang mencakup tiga level literasi, mencerminkan pemahaman konseptual yang mendalam terhadap materi matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematis, Siswa Kelas V, Soal Cerita
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Bryant Candra Wijaya
Last Modified: 06 Aug 2025 09:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19566

Actions (login required)

View Item View Item