Margareta, Intan Viona (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT KELAS IV SDN BADAL PANDEAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060019.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060019_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (616kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060019_0730098803_0720088401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (519kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060019_0730098803_0720088401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (233kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060019_0730098803_0720088401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (696kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060019_0730098803_0720088401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060019_0730098803_0720088401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060019_0730098803_0720088401_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (221kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060019_0730098803_0720088401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas IV SDN Badal Pandean. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, proses pembelajaran IPA masih didominasi metode ceramah, dengan penggunaan LKPD cetak dari penerbit yang belum mendukung aktivitas keterampilan proses secara optimal. Selain itu, hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud zat masih tergolong rendah, dengan lebih dari 60% siswa memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan LKPD berbasis keterampilan proses pada materi perubahan wujud zat yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV. LKPD yang dikembangkan dirancang untuk memfasilitasi siswa dalam melakukan kegiatan ilmiah seperti mengamati, mengukur, dan menyimpulkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis (analisis kebutuhan siswa dan guru), Design (perancangan produk), Development (pengembangan produk dan validasi oleh ahli), Implementation (uji coba terbatas dan luas), dan Evaluation (penilaian akhir dan revisi produk). Subjek uji coba terdiri dari siswa kelas IV SDN Badal Pandean, yaitu 8 siswa untuk uji coba terbatas dan 16 siswa untuk uji coba luas. Instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi ahli, angket respons guru dan siswa, serta tes hasil belajar (pretest dan posttest). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis keterampilan proses dinyatakan valid dengan memperoleh persentase dari ahli bahan ajar sebesar 88% dengan kategori sangat valid, dari ahli materi sebesar 98% dengan kategori sangat valid, dan dari ahli bahasa sebesar 87% dengan kategori sangat valid. Rata-rata keseluruhan mencapai 91%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. (2) LKPD ini juga dinyatakan praktis berdasarkan angket respon guru yang memperoleh skor 95% (sangat praktis), respon siswa pada uji coba terbatas sebesar 91% (sangat praktis), dan uji coba luas sebesar 91% (sangat praktis). (3) LKPD berbasis keterampilan proses terbukti efektif, ditunjukkan melalui hasil posttest pada uji coba terbatas dengan pencapaian 75%, dan pada uji coba luas sebesar 87,5%. Selain itu, efektivitas juga terlihat dari rata-rata keterampilan praktikum siswa. Pada uji coba terbatas, aspek mengamati mencapai 87%, melakukan percobaan 91%, menganalisis hasil percobaan 84%, serta menyimpulkan hasil 87%, semuanya berada pada kategori baik hingga sangat baik. Pada uji coba luas, aspek mengamati mencapai 84%, melakukan percobaan 91%, menganalisis hasil percobaan 84%, serta menyimpulkan hasil 89%, semuanya berada pada kategori baik hingga sangat baik. Kesimpulan penelitian ini ialah LKPD berbasis keterampilan proses yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi Perubahan Wujud Zat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Keterampilan Proses, Perubahan Wujud Zat |
Subjects: | 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa) 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Intan Viona Margareta |
Last Modified: | 06 Aug 2025 09:04 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |