IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASICC BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI DAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS XI-8 SMAN 2 KEDIRI

Wulandari, Hesti Mei (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASICC BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI DAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS XI-8 SMAN 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (full text)
RAMA_84205_2115020007.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (similarity)
RAMA_84205_2115020007_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2115020007_0729116401_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_2115020007_0729116401_0702078502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_2115020007_0729116401_0702078502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_2115020007_0729116401_0702078502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_2115020007_0729116401_0702078502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_2115020007_0729116401_0702078502_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (449kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_2115020007_0729116401_0702078502_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut peserta didik tidak hanya menguasai materi akademis, tetapi juga keterampilan kolaborasi dan literasi numerasi yang penting untuk menganalisis data, memahami grafik, serta menerapkan konsep matematika dalam konteks kehidupan nyata. Namun, hasil pengamatan di kelas XI-8 SMAN 2 Kediri menunjukkan rendahnya keterampilan kolaborasi dan kompetensi literasi numerasi, di mana banyak siswa kurang aktif dalam diskusi kelompok dan belum terbiasa dengan soal-soal literasi numerasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model pembelajaran ASICC berbasis lesson study dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan literasi numerasi peserta didik kelas XI-8 SMAN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis lesson study yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Instrumen yang digunakan meliputi wawancara, angket keterampilan kolaborasi, lembar observasi, tes literasi numerasi, serta dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif melalui perbandingan hasil pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Implementasi model pembelajaran ASICC berbasis lesson study menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan kolaborasi dan literasi numerasi peserta didik. Rata-rata keterampilan kolaborasi meningkat dari kategori rendah (pra-siklus) menjadi sedang pada siklus I dan tinggi pada siklus II, dengan total peningkatan sebesar 23,02%. Kompetensi literasi numerasi juga meningkat dari kategori sedang menjadi tinggi dan sangat tinggi, dengan rata-rata kelas mencapai indikator keberhasilan pada siklus II. Seluruh aspek kolaborasi dan indikator literasi numerasi mengalami peningkatan setelah penerapan model ASICC. Model pembelajaran ASICC berbasis lesson study terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan literasi numerasi peserta didik kelas XI-8 SMAN 2 Kediri. Disarankan agar guru biologi mengimplementasikan model pembelajaran ASICC secara berkelanjutan dan merancang soal evaluasi yang mendukung pengembangan literasi numerasi, sehingga peserta didik dapat berpikir kritis, rasional, dan terampil dalam menghadapi permasalahan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ASICC, Keterampilan Kolaborasi, Kompetensi Literasi Numerasi
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 113 Biology (and general biotechnology)
710 Education science > 771 Biology education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Hesti Mei Wulandari
Last Modified: 06 Aug 2025 07:59
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item View Item