Azzahra, Denys Elsya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA NEGERI NORMA PADA MATERI NORMA HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI MOJO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060069.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060069_0719048206_0713118901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (841kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060069_0719048206_0713118901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (341kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060069_0719048206_0713118901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060069_0719048206_0713118901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (638kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060069_0719048206_0713118901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (164kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060069_0719048206_0713118901_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (189kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060069_0719048206_0713118901_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060069_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran diorama pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V-A SD Negeri Mojo, khususnya pada materi norma, hak dan kewajiban. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas V-A SD Negeri Mojo diketahui guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi norma, hak dan kewajiban ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal tersebut berpotensi menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang bervariasi dan terkesan monoton, sehingga mengurangi daya tarik serta minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket validasi ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan gur dan siswa, serta soal evalusi untuk mengukur efektivitas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V-A SD Negeri Mojo dengan jumlah 28 siswa, dengan uji coba terbatas melibatkan 7 siswa dan uji coba luas 21 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif untuk menilai kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk melalui perhitungan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid. Hasil validasi uji kevalidan media mendapatkan hasil persentase 86%, sedangkan hasil uji validasi materi mendapatkan hasil persentase sebesar 86%. Hasil uji coba kepraktisan media dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan angket respon guru mendapatkan persentase sebesar 86%, sedangkan angket respon siswa mendapatkan persentase sebesar 95,7%. Sementara itu hasil uji keefektivan menyatakan bahwa media yang dinyatakan sangat efektif. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada 7 siswa mendapatkan persentase sebesar 100%, sedangkan pada uji coba luas mendapatkan persentase 85,7%. Maka media pembelajaran diorama “Negeri Norma” dikatakan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa pengembangan media pembelajaran diorama “Negeri Norma” materi norma, hak dan kewajiban pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, diorama “Negeri Norma”, norma hak dan kewajiban, Pendidikan Pancasila, pengembangan media |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Denys Elsya Azzahra |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:02 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |