PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PAPAN DAN KARTU RAHASIA (PAKARSA) PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR

Wulandari, Cindy Weka (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PAPAN DAN KARTU RAHASIA (PAKARSA) PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060001.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060001_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060001_0704078402_0721048003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060001_0704078402_0721048003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060001_0704078402_0721048003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060001_0704078402_0721048003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060001_0704078402_0721048003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060001_0704078402_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060001_0704078402_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi observasi dan wawancara di SDN Plosorejo 1, terdapat permasalahan bahwa pada pembelajaran materi siklus air di kelas V belum mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman siswa dan penggunaan media pembelajaran yang kurang sesuai. Guru cenderung menggunakan media gambar dari buku pelajaran, sehingga pembelajaran menjadi monoton, berpusat pada guru, dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kevalidan penggunaan media pembelajaran PAKARSA pada materi siklus air untuk kelas V SDN Plosorejo 1. (2) Mendeskripsikan kepraktisan penggunaan media pembelajaran PAKARSA pada materi siklus air untuk kelas V SDN Plosorejo 1. (3) Mendeskripsikan keefektifan penggunaan media pembelajaran PAKARSA pada materi siklus air untuk kelas V SDN Plosorejo 1. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdapat 5 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Plosorejo 1. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, validasi ahli media dan ahli materi, angket guru dan siswa, serta tes pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran PAKARSA dinyatakan sangat valid yang dapat dilihat dari hasil validasi media dengan persentase 96% dan hasil validasi materi dengan persentase 88%. (2) Media pembelajaran PAKARSA dinyatakan sangat praktis yang dapat dilihat dari hasil angket respon guru dengan persentase 95% dan hasil angket respon siswa dengan persentase 93%. (3) Media pembelajaran PAKARSA dinyatakan sangat efektif yang dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada uji coba terbatas memperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5% sedangkan pada uji coba luas memperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PAKARSA dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, PAKARSA, siklus air, ADDIE
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 110 Natural sciences
660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cindy Weka Wulandari
Last Modified: 06 Aug 2025 09:12
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19406

Actions (login required)

View Item View Item