Feurika, Vivi Maharani (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_88201_2114040029.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_88201_2114040029_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (506kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_88201_2114040029_0719068703_0012076701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_88201_2114040029_0719068703_0012076701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (415kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_88201_2114040029_0719068703_0012076701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (421kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_88201_2114040029_0719068703_0012076701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (560kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_88201_2114040029_0719068703_0012076701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (159kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_88201_2114040029_0719068703_0012076701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (205kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_88201_2114040029_0719068703_0012076701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas X. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT). Model ini dipilih karena di dalam proses pembelajarannya menekankan adanya kerja sama antar siswa dalam kelompoknya masing-masing. Sehingga, siswa diharapkan mampu untuk menghasilkan teks anekdot yang unik, lucu, dan mengesankan yakni berisi kritik dengan menggunakan bahasa yang santun, serta dikemas dalam sebuah humor. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri tanpa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT), (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT), dan (3) mendeskrpsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen semu (quasi experimental) dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri dengan dua kelas diambil sebagai sampel penelitian. Teknik pemilihan sampel penelitian ini adalah acak yang kemudian diperoleh kelas X-5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes menulis dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks anekdot tanpa menggunakan model pembelajaran TGT pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Kediri dinyatakan belum optimal. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa masih berada di bawah KKM (75), yaitu 71,32. Sedangkan, keterampilan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran TGT pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 4 Kediri dinyatakan telah optimal. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa telah mencapai KKM (75), yaitu 77,27. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap keterampilan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,002 < 0,05 dan nilai thitung adalah 3,240 > ttabel 1,977 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 65. Hasil tersebut selaras dengan hasil analisis statistik deskriptif yang menunjukkan bahwa skor rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata postes kelas kontrol, yaitu 77,27 > 71,32 serta telah mencapai KKM (75). Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran, Model Teams Games Tournament (TGT), Teks Anekdot, Siswa |
Subjects: | 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Vivi Maharani Feurika |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:41 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19336 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |