PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI-9 SMAN 3 KOTA KEDIRI

Amelia, Lucy (2025) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI-9 SMAN 3 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87203_2112030024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030024_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030024_0005086802_0719108702_01_front_ref.pdff.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (911kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030024_0005086802_0719108702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030024_0005086802_0719108702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030024_0005086802_0719108702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030024_0005086802_0719108702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87203_2112030024_0005086802_0719108702_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (217kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030024_0005086802_0719108702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia merupakan fondasi penting dalam membentuk individu yang berkualitas, sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat 1. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI-9 pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Kota Kediri. Lingkungan keluarga sebagai lembaga pendidikan pertama memiliki peran krusial dalam membentuk karakter, nilai, dan kesiapan belajar siswa, sementara motivasi belajar berfungsi sebagai pendorong internal untuk mencapai hasil akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data dari responden dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling dan ditentukan 36 sampel. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya digunakan untuk mengukur variabel lingkungan keluarga, motivasi belajar, dan hasil belajar. Teknik analisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Demikian pula halnya dengan motivasi belajar yang terbukti berkontribusi secara berarti terhadap pencapaian akademik siswa. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa kombinasi antara lingkungan keluarga yang kondusif dan motivasi belajar yang tinggi menghasilkan dampak yang lebih besar terhadap peningkatan hasil belajar dibandingkan ketika kedua faktor tersebut bekerja secara terpisah. Dalam penelitan ini dapat disimpulkan: 1)Variabel lingkungan keluarga memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,009 yang lebih kecil dari 0,05. 2)Variabel motivasi belajar menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. 3)Variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,046 yang lebih kecil dari 0,05. Implikasi dari temuan penelitian ini adalah pentingnya sinergi antara peran keluarga dan sekolah dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang holistik. Secara teoritis, penelitian ini memperkaya khazanah ilmu pendidikan, khususnya dalam memahami determinan hasil belajar siswa. Secara praktis, penelitian ini memberikan rekomendasi konkret bagi berbagai pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan untuk mengoptimalkan pencapaian akademik siswa.Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Family Enviroment, Learning Motivation, Learning outcomes
Subjects: 710 Education science > 723 Economic education
710 Education science > 795 Educational psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lucy Amelia
Last Modified: 06 Aug 2025 05:37
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19300

Actions (login required)

View Item View Item