PRASETYANI, TAMARA (2025) PENGEMBANGAN G-SMART (GEOMETRY SYSTEM MULTIMEDIA ASSISTED REAL-TIME TRANSFORMATION) BERBASIS CANVA DENGAN HYPERLINK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TRANSFORMASI GEOMETRI PADA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_84202_2115010020.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010020_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010020_0730128505_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (804kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010020_0730128505_0702018801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (954kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010020_0730128505_0702018801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010020_0730128505_0702018801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010020_0730128505_0702018801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010020_0730128505_0702018801_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (230kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010020_0730128505_0702018801_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman geometri transformasi di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) menghadapi tantangan kompleks, utamanya dalam visualisasi konsep abstrak. Temuan (Hidayah and Fitriani, 2021) memperkuat bukti bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari geometri pada masalah konseptual. Selaras juga dengan penelitian yang dilakukan oleh (Ulfa and Sundayana, 2022) Jika siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep geometri, maka siswa juga akan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi lain yang terkait dengan konsep geometri sebelumnya. Observasi lapangan di SMP Muhammadiyah 4 Gurah mengkonfirmasi akar persoalan, yakni pembelajaran lebih dominan menggunakan metode ceramah dan gambar manual, minimnya fasilitas pendukung digital (seperti ketiadaan laboratorium komputer dan ketersediaan jaringan internet yang terbatas), serta ketergantungan pada perangkat gawai pribadi siswa. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut, penelitian ini mengembangkan G-SMART (Geometry System Multimedia Assisted Real-Time Transformation) sebuah media interaktif berbasis platform Canva yang memanfaatkan fitur hyperlink. Media ini dirancang guna: (1) memvisualisasikan transformasi geometri (translasi, rotasi, refleksi, dilatasi) secara real-time, (2) mengakomodasi keterbatasan infrastruktur melalui desain ringan berbasis gawai, serta (3) meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran digital. Pengembangan mengacu pada model Hannafin-Peck melalui tiga fase berurutan: analisis kebutuhan (wawancara guru, observasi kemampuan siswa melalui pre test dan post test, serta angket kepuasan pengunaan media pembelajaran), perancangan desain G-SMART, pengembangan media melalui Canva hyperlink, dan evalusi – revisi pada setiap tahapnya. Hasil uji paired samples t-test menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan dengan rata-rata nilai post-test (86,09) secara statistik lebih tinggi dibanding pre-test (53,26). Media G-SMART berhasil meningkatkan pemahaman siswa sebesar 61,6% sekaligus menjadi solusi bagi permasalahan pembelajaran di sekolah SMP Muhammadiyah 4 Gurah. Simpulan penelitian menegaskan bahwa G-SMART merupakan solusi inovatif yang bersifat adaptif terhadap keterbatasan fasilitas sekolah dan efisien secara biaya. Keberhasilan ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan pembelajaran matematika kontekstual di lingkungan pendidikan minim fasilatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : G-SMART, Transformasi Geometri, Media Interaktif, Canva, Hyperlink, Hannafin and Peck |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | TAMARA JASMINE PRASETYANI |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:14 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |