Niza, Tryas Ainun (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH BERCORAK HINDU-BUDDHA DI JAWA TIMUR KELAS IV SDN TAROKAN 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060282.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060282_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd Bab 1 + References)
RAMA_86206_2114060282_0710039103_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060282_0710039103_0713078602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060282_0710039103_0713078602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060282_0710039103_0713078602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060282_0710039103_0713078602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (34kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060282_0710039103_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (124kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060282_0710039103_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran yang berlangsung di kelas IV SDN Tarokan 3 masih bersifat model konvensional, yaitu didominasi oleh metode ceramah dan penggunaan buku teks yang minim ilustrasi maupun unsur visual pendukung. Kondisi ini berdampak pada rendahnya minat belajar peserta didik, kurangnya partisipasi aktif selama pembelajaran, serta kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Hal ini juga tercermin dari data hasil belajar peserta didik yang menunjukkan bahwa 70% peserta didik memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Oleh karena itu, diperlukan upaya inovatif untuk menciptakan media pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mengkaji validitas, kepraktisan, serta keefektifan media tersebut dalam pembelajaran sejarah, khususnya materi peninggalan Hindu-Buddha di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahapan utama: Analysis (analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik), Design (perancangan media dan konten berbasis PBL), Development (pengembangan media animasi interaktif), Implementation (penerapan di kelas melalui uji coba terbatas dan luas), dan Evaluation (penilaian efektivitas dan revisi produk). Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi terhadap aktivitas pembelajaran, wawancara dengan guru, penyebaran angket kepada guru dan peserta didik, serta tes hasil belajar melalui pre-test dan post-test. Data dianalisis secara kualitatif untuk menelaah respon, kebutuhan, dan proses pengembangan media, serta secara kuantitatif untuk menilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan berdasarkan skor dan uji statistik. Subjek penelitian meliputi satu orang guru dan 41 peserta didik kelas IV SDN Tarokan 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media memperoleh tingkat validitas sebesar 93% dari ahli materi dan media, tergolong sangat valid. Pada uji coba terbatas yang melibatkan 10 peserta didik, respon peserta didik terhadap media mencapai 90% yang termasuk kategori sangat baik, sedangkan respon guru terhadap kepraktisan media mencapai 86% yang termasuk kedalam kategori sangat praktis. Hasil pre-test peserta didik pada uji terbatas menunjukkan rata-rata 47,3, meningkat menjadi 86 pada post-test. Pada uji coba luas yang melibatkan 31 peserta didik, respon peserta didik terhadap media mencapai 93% yang termasuk kategori sangat baik, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 45 yang meningkat menjadi 81,6 pada post-test. Hasil uji statistik Paired Sample t-Test pada kedua uji coba menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, yang menandakan terdapat perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif dalam mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Interactive Multimedia, Problem Based Learning |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 618 History (history) 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tryas Ainun Niza |
Last Modified: | 05 Aug 2025 15:52 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |