MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS X DKV 1 SMK NEGERI 3 KEDIRI

Wulandari, Yuliana (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS X DKV 1 SMK NEGERI 3 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87205_2114030001.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87205_2114030001_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (508kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2114030001_0005016901_0024086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (857kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87205_2114030001_0005016901_0024086901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87205_2114030001_0005016901_0024086901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87205_2114030001_0005016901_0024086901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87205_2114030001_0005016901_0024086901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87205_2114030001_0005016901_0024086901_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87205_2114030001_0005016901_0024086901_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas X SMK Negeri 3 Kediri masih mengalami hambatan yang dirasakan oleh siswa. Beberapa hambatan tersebut diantaranya adalah siswa yang menganggap bahwa mata pelajaran Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang membosankan karena mengharuskan siswa untuk membaca dan memahami materi yang luas. Selain itu, peran guru Pendidikan Pancasila yang masih menggunakan metode ceramah membuat siswa merasa jenuh dan pasif saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal tersebut berdampak pada kemampuan literasi siswa menjadi kurang. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah metode jigsaw yang dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui metode jigsaw dalam meningkatkan literasi pada siswa X DKV 1 di SMK Negeri 3 Kediri? (2) Bagaimana kegiatan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui metode jigsaw dalam meningkatkan literasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas X DKV 1 SMK Negeri 3 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X DKV I SMK Negeri 3 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan menggunakan instrument berupa modul ajar, lembar observasi, dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas X DKV I SMK Negeri 3 Kediri. Hal ini dapat di lihat dari hasil evaluasi siswa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 74 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 54 dan pada hasil evaluasi siklus II bahwa hasil ketuntasan siswa meningkat yaitu di atas KKM berjumlah 30 dari 34 siswa dan yang belum tuntas dibawah KKM berjumlah 4 siswa dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 70. Kesimpulan pada hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran ditemukan langkah-langkah yang efektif dengan menerapkan metode pembelajaran jigsaw sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa, (2) melalui siklus tindakan pembelajaran penerapan metode pembelajaran jigsaw terbukti dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pancasila, Jigsaw, Literasi Siswa
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Yuliana Wulandari
Last Modified: 05 Aug 2025 11:48
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18954

Actions (login required)

View Item View Item