Ramayani, Anita Wahyu (2025) DAMPAK PERSEPSI GURU TERHADAP PROGRAM MBKM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7: STUDI KASUS TINGKAT LITERASI DAN NUMERASI DI SDN KAWEDUSAN 1, KECAMATAN PLOSOKLATEN, KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87205_2114030011.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87205_2114030011_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2114030011_00050016901_0704038902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87205_2114030011_00050016901_0704038902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87205_2114030011_00050016901_0704038902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87205_2114030011_00050016901_0704038902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (638kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87205_2114030011_00050016901_0704038902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_87205_2114030011_00050016901_0704038902_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (235kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87205_2114030011_00050016901_0704038902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar di luar kampus bagi mahasiswa, salah satunya melalui program Kampus Mengajar. Program ini melibatkan mahasiswa sebagai mitra guru dalam membantu proses pembelajaran di sekolah dasar. Pelaksanaan program ini memerlukan kolaborasi antara mahasiswa dan guru, sehingga penting untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap keberadaan dan kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan program tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi literasi dan numerasi yang ada di SDN Kawedusan 1 terhadap program MBKM Kampus Mengajar angakatan 7? (2) Bagaimana hakikat pemahaman guru SDN Kawedusan 1 terhadap program MBKM Kampus Mengajar angakatan 7? (3) Bagaimana persepsi guru di SDN Kawedusan 1 terhadap program MBKM Kampus Mengajar angakatan 7? (4) Bagaimana pelaksanaan program MBKM Kampus Mengajar angakatan 7 di SDN Kawedusan 1? (5) Dampak persepsi guru SDN Kawedusan 1 terhadap program Kampus Mengajar Angkatan 7? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Menurut Yin (2018). Dengan subyek penelitian guru terhadap Program MBKM Kampus Mengajar Angkatan 7 yang dilaksanakan di SDN Kawedusan 1, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data observasi dapat berupa pengalaman guru atau interaksi langsung antara guru dan mahasiswa Kampus Mengajar dalam hal ini observasi dilakukan dengan mengumpulkan berbagai sumber dari pewawancara mengenai pesepsi guru terhadap program MBKM Kampus Mengajar Angkatan 7 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program MBKM Kampus Mengajar Angkatan 7 di SDN Kawedusan 1 berdampak positif terhadap peningkatan literasi dan numerasi siswa. Mayoritas warga sekolah memiliki persepsi positif karena mahasiswa dinilai membantu pembelajaran, menghadirkan inovasi, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Meskipun terdapat perbedaan pemahaman di awal pelaksanaan, hal tersebut dapat diatasi melalui koordinasi dan komunikasi yang baik. Berdasarkan hasil simpulan penelitian, direkomendasikan: (1) Program terbukti bermanfaat dalam literasi dan numerasi, sehingga perlu dilanjutkan dengan cakupan yang lebih luas. (2) Kualitas pelatihan pra-penugasan mahasiswa perlu ditingkatkan agar lebih siap secara pedagogis. (3) Monitoring dan evaluasi harus melibatkan pihak sekolah secara aktif untuk memperkuat sinergi antar pihak terkait.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Guru, MBKM, Kampus Mengajar, Studi Kasus, Literasi, Numerasi |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Anita Wahyu Ramayani |
Last Modified: | 05 Aug 2025 11:47 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |