Sa'adah, Vikris (2025) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SANTRI SMAN 1 MOJO KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86201_2114010027.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010027_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010027_0705068605_0720018601_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (551kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010027_0705068605_0720018601_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (356kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010027_0705068605_0720018601_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (279kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010027_0705068605_0720018601_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010027_0705068605_0720018601_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (222kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2114010027_0705068605_0720018601_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (195kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010027_0705068605_0720018601_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Disiplin belajar merupakan faktor penting dalam pencapaian prestasi akademik siswa. SMAN 1 Mojo Kediri masih ditemukan siswa regular dan siswa santri. Siswa regular adalah siswa yang umum dan siswa santri adalah siswa yang selain menempuh pendidikan formal di sekolah (SMAN 1 Mojo Kediri) juga tinggal di pondok pesantren. Siswa santri di SMAN Mojo Kediri menunjukan disiplin belajar yang rendah yang diantaranya seperti keterlambatan hadir dikelas, kurang perhatian saat pembelajaran berlangsung, serta sering menunda tugas. Kondisi ini yang menjadi latar belakang adanya konseling kelompok teknik self-management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konseling kelompok teknik self-management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pre-eksperimental desain one group pre test dan post-test. Subjek penelitiannya merupakan siswa santri yang memiliki tingkat disiplin belajar rendah yang berjumlah 8 siswa santri. Teknik pengumpulan data menggunakan skala disiplin belajar. Kemudian uji analisis data menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi 0,00 < 0,005. Hal ini memiliki arti bahwa ada perbedaan antara disiplin belajar siswa santri SMAN 1 Mojo kediri sebelum dan sesudah diberikan treadment konseling kelompok teknik self-management. Hal ini bisa diartikan ada pengaruh konseling kelompok teknik self-management dalam meningkatkan disiplin belajar siswa santri SMAN 1 Mojo Kediri. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa santri di SMAN 1 Mojo Kediri. Hal ini ditunjukkan melalui perbedaan skor disiplin belajar sebelum dan sesudah pemberian layanan, dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian, layanan ini efektif diterapkan untuk membantu siswa santri menjadi lebih disiplin, seperti dalam kehadiran tepat waktu, perhatian saat pembelajaran, serta tanggung jawab menyelesaikan tugas. Oleh karena itu, disarankan agar layanan konseling kelompok teknik self-management dapat diterapkan secara berkelanjutan oleh guru BK untuk meningkatkan kedisiplinan belajar, serta dikembangkan lebih lanjut agar menjangkau lebih banyak siswa yang memerlukan bantuan dalam mengelola perilaku belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konseling kelompok, teknik self-management, disiplin belajar, siswa santri |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Vikris Sa'adah |
Last Modified: | 05 Aug 2025 10:09 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |