Naafi'u, Naafi'u (2025) PENGARUH FASILITAS, MEDIA PROMOSI BANNER UMKM, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OBJEK WISATA SIMPANG LIMA GUMUL KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87203_2112030034.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030034_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030034_0018126701_0711098201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (933kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030034_0018126701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (405kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030034_0018126701_0711098201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (554kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030034_0018126701_0711098201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (679kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030034_0018126701_0711098201_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (166kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_87203_2112030034_0018126701_0711098201_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (311kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030034_0018126701_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan sektor UMKM di Kawasan wisata, yang dinilai memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Hasil pengamatan peneliti terhadap pengunjung di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG), pelaku UMKM berperan aktif dalam menyediakan produk dan jasa, namun efektivitas fasilitas, media promosi, dan kualitas pelayanan yang mereka miliki belum diteliti secara mendalam terhadap keputusan pembelian pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas, media promosi banner UMKM, dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pengunjung di kawasan wisata SLG. Penelitian ini juga bertujuan mengidentifikasi variabel yang paling dominan memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel sebanyak 196 responden yang merupakan pengunjung di kawasan wisata SLG. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, serta regresi linear berganda melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,05. 2) Variabel Media promosi banner UMKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,007 lebih kecil dari 0,05. 3) Variabel Kualitas pelayanan memiliki pengaruh paling dominan dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. 4) Variabel fasilitas (X1), media promosi banner (X2), dan kualitas pelayanan (X3), secara simultan memiliki pengaruh terhadap variabel Keputusan pembelian (Y) dengan Fhitung =11,262 dan nilai signifikansi 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa fasilitas, media promosi banner UMKM, dan kualitas pelayanan berkontribusi signifikan terhadap peningkatan keputusan pembelian. Implikasi praktis dari hasil ini adalah perlunya peningkatan fasilitas umum, optimalisasi desain dan penempatan banner promosi, serta peningkatan kualitas pelayanan dari pelaku UMKM di kawasan wisata. Penelitian ini dapat menjadi referensi strategis dalam pengembangan pemasaran wisata berbasis pemberdayaan UMKM lokal di daerah wisata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas, Media Promosi, UMKM, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian |
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 710 Education science > 723 Economic education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Naafi'u |
Last Modified: | 05 Aug 2025 09:47 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |